Perkuat Kerjasama, Danpos TNI AL Munte yang Baru Bertandang ke Dinas Perikanan


MASAMBA,EDELWEISNEWS.COM – Komandan Pos (Danpos) TNI Angkatan Laut (AL) Munte yang baru, Letda (Mar) Sulhajji, melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara, Selasa (12/3/2019). Kunjungan Danpos TNI AL Munte diterima Kepala Dinas  Perikanan, Muharwan. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Sulhajji sebagai Danpos TNI AL Munte sejak dirinya menggantikan Letda (Mar) M. Syaeful Jihad baru-baru ini.  
Kadis Perikanan, Muharwan, mengatakan, kunjungan tersebut selain untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Danpos TNI AL yang baru, juga dalam rangka pengawasan dan pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Perairan Laut Kabupaten Luwu Utara. “Pemda dan TNI AL adalah mitra dalam rangka pengawasan dan pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP),” kata Muharwan. 

Untuk itu, kata Muharwan, dengan adanya pertemuan tersebut akan semakin menguatkan kerjasama antara Pemda Lutra dan TNI AL sebagai mitra dalam menjaga kedaulatan di perairan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara. Pria yang akrab disapa Marwan ini berharap, dengan adanya kerjasama antara Pemda dan TNI AL, maka segala kegiatan yang mengarah pada kegiatan illegal fishing dan destruktif fishing dapat diminimalisir.   
“Meskipun kewenanagan pengawasan itu sudah beralih ke provinsi, namun kita berharap komunikasi itu tetap berjalan, dan tentunya tetap kami sangat dibutuhkan,” kata Marwan.

Selain itu, ia juga berharap agar TNI AL sebagai mitra dapat membantu pemerintah dalam rangka pemberdayaan nelayan dan penertiban dokumen kapal yang kewenangannya ada di provinsi melalui Cabang Dinas Kelautan yang berkedudukan di kota Palopo.

Masih kata Marwan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kesyahbandaran dalam menyikapi situasi di perairan laut dan daerah pesisir lainnya. “Tadi Danpos TNI AL yang baru berharap agar pihaknya dapat bersinergi dengan pihak Pemda Lutra di dalam membangun Kabupaten Luwu Utara dan daerah sekitarnya agar tercipta keamanan di Luwu Utara, khususnya di daerah perairan dan pesisir,” pungasnya. (hum)

Editor : Yuliati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more