Poso Terima UHC Award 2024 Kategori Utama, Bupati Verna Ucapkan Terima Kasih kepada Semua Pihak

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Kabupaten Poso, dibawah kepemimpinan Bupati dr. Verna G.M. Inkiriwang, kembali meraih prestasi dengan menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 Kategori Utama.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mencapai cakupan kesehatan semesta, yang memastikan semua masyarakat Kabupaten Poso memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

Kegiatan penyerahan UHC Award ini berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, pada Kamis (8 Agustus 2024).

Acara dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, yang didampingi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Kabupaten Poso menjadi salah satu dari 135 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang meraih penghargaan UHC Award Kategori Utama pada tahun 2024.

Penghargaan ini merupakan hasil dari dedikasi dan upaya berkelanjutan pemerintah daerah melalui program unggulan ‘POSO SEHAT’.

Untuk informasi, pada tanggal 10 Januari 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso meluncurkan program kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu melalui perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Program ini berhasil mencakup 30.486 jiwa dan memastikan bahwa 99,93% penduduk Kabupaten Poso telah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya menekankan pentingnya UHC sebagai konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.

“Sebanyak 33 provinsi dan 452 kabupaten/kota penerima UHC ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) minimal 95% dari total penduduk,” ujar Ma’ruf.

Penghargaan UHC tahun 2024 ini menandai pencapaian Indonesia dalam menyediakan jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi warganya, melalui Program JKN-KIS, yang telah berjalan selama satu dekade.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh di wilayah masing-masing.

Bupati Verna G.M. Inkiriwang, setelah menghadiri acara tersebut, menyampaikan rasa terima kasih kepada perangkat daerah yang telah bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Poso.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada perangkat daerah terkait, yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, terima kasih juga saya sampaikan kepada BPJS Kabupaten Poso, karena berkat sinergi ini, Pemerintah Kabupaten Poso dapat meraih penghargaan ini,” ungkap Bupati Verna. (Fb)

Editor : Gamal Taroko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jakarta Olahraga

Atlet Judo Polri Raih Emas dan Perak di PON XXI Aceh Sumut

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Pesta Pekan Olah Nasional (PON) XXI yang helat di Banda Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Atlet judo Polri Bripda M. Alfiansyah Lubis berhasil merebut medali emas di kategori beregu campuran, Sabtu (14/09/24) di Gelanggang Universitas Syah Kuala, Banda Aceh. Ini merupakan medali kedua personel Bagbinjas Rowatpers SSDM Polri yang mewakili Daerah Khusus […]

Read more
Jakarta Makassar SULSEL

Wali Kota Makassar Terima Penghargaan dari Kompas TV sebagai Kota Terbaik Dalam Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto kembali menerima penghargaan dari Kompas TV dengan kategori Kota Makassar yang memiliki Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik terbaik. Apresiasi itu diterima secara langsung oleh Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, yang diberikan oleh Menpan RB Azwar Anas saat menghadiri acara Malam Puncak HUT Kompas TV ke-13 […]

Read more
Jakarta Nasional

Takut Periksa Anak Presiden, KPK Dianggap Komisi Pembela Kaesang

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sebagai lembaga anti rasuh, kembali dipertanyakan publik atas kasus gratifikasi Kaesang penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat belum lama ini. KPK diingatkan untuk tidak membuat publik makin marah dan kehilangan kepercayaan dengan tidak mengusut anak bungsu Presiden tersebut. Seperti yang dikutif dari Gelora.co. “Kasusnya mirip dengan Mario Dandy, […]

Read more