Jumlah Pengunjung Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan Masih Tinggi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Minat orang berkunjung ke perpustakaan masih tinggi. Mereka tak hanya datang untuk membaca tapi juga mencari referensi untuk tugas kuliah, penelitian, berdiskusi, dan keperluan lain.

Hal itu tercermin pada pengunjung di Bagian Deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan. Bagian Deposit ini berada di Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Sultan Alauddin, Tala Salapang, Kota Makassar.

Adriani menyampaikan, pada periode tiga bulan terakhir, yakni Juni hingga Agustus 2024, jumlah pemustaka yang berkunjung ke Bagian Deposit yang berada di lantai 2 Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, mencapai 2.806 pemustaka.

“Ini khusus data di Bagian Deposit. Kalau data di seluruh perpustakaan yang dinaungi DPK Sulsel akan banyak lagi. Karena kita punya lima kantor, di mana 4 kantor di antaranya merupakan layanan,” jelas Adriani Binti Nasir, S.I.P, pustakawan pada DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (14 September 2024).

Adriani menambahkan, buku-buku dan dokumen di Bagian Deposit merupakan koleksi lokal dari 24 kabupaten/kota. Ada juga koleksi dari provinsi-provinsi yang berada di Sulawesi.

Pustakawan yang fasih membaca aksara Jawi itu ditemui Rusdin Tompo, berkaitan dengan Hari Kunjung Perpustakaan. Rusdin Tompo yang dikenal sebagai penulis dan editor itu, memanfaatkan momen Hari Kunjung Perpustakaan untuk menyerahkan buku berjudul “Layanan Perpustakaan Berkualitas” karya Nasyidah, S.Sos, M.AP. Buku ini disunting oleh Rusdin Tompo.

Adriani lantas merinci jumlah pengunjung koleksi deposit. Bulan Juni, terdapat 890 pengunjung, Juli ada 1.020 pengunjung, sedangkan bulan Agustus tercatat ada 896 pengunjung.

Bila dibedakan dari jenis kelamin, maka jumlah pengunjung laki-laki sebanyak 1.367 orang. Angka ini lebih sedikit daripada jumlah pengunjung perempuan yang mencapai 1.439 orang.

Pada kesempatan itu, Adriani juga membeberkan jumlah koleksi karya cetak karya rekam (KCKR) di Bagian Deposit DPK Provinsi Sulawesi Selatan. Jumlah KCKR sebanyak 6 250 judul, dan 18.106 eksemplar.

“Jumlah koleksi budaya etnis Nusantara yang tersimpan dan/atau terdaftar yang ada di wilayah itemnya sebanyak 191 judul, dan 846 eksemplar,” tambah Adriani.

Buku “Layanan Perpustakaan Berkualitas” merupakan karya ketiga dari Nasyidah, Pustakawan Ahli Utama, DPK Provinsi Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Nasyidah sudah menerbitkan buku “Perpustakaan 4.0” (2023), dan “Perpustakaan Ibu dan Anak” (2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kadis PU Kota Makassar Hadiri Upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Karebosi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Zulhaesi Zubir, ST, MT bersama pejabat dan seluruh staf mengikuti Hari Upacara Kesadaran Nasional di lapangan Karebosi yang diperingati tanggal 17 setiap bulan. Upacara Hari Kesadaran Nasional adalah wujud pengabdian dan komitmen seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga semangat kebangsaan. “Melalui disiplin, dedikasi, dan kerja nyata, […]

Read more
Makassar SULSEL

Indira Yusuf Ismail Serahkan Piagam Penghargaan kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Makasaar, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Makassar, Irma Awalia, menerima piagam apresiasi dari PKK Kota Makassar. Apresiasi ini diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, dalam kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kota Makassar, yang berlangsung di Upperhills Convention pada Rabu (18 September […]

Read more
Makassar Pariwisata SULSEL

Dinas Pariwisata Makassar Gelar Rakor untuk Menyusun dan Menganalisis Data Kunjungan Wisatawan Tahun 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Makassar, Yulianti, memimpin rapat koordinasi untuk menyusun dan menganalisis data kunjungan wisatawan Kota Makassar Tahun 2024, Rabu (18/6/2024). Rapat ini bertujuan untuk memetakan tren dan pola kunjungan wisatawan ke Kota Makassar dalam tahun berjalan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai […]

Read more