Hadiri Sosialisasi RPJPN Tahun 2025 – 2045, Pemprov Sulsel Selaraskan Pembangunan Daerah dan Nasional

LOMBOK, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel diwakili Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda Sulsel, Ishak Amin Rusli, menghadiri Sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Sosialisasi dilaksanakan di Pullman Lombok, Mandalika Beach Resort, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (18 September 2024) lalu.

Ishak Amin menjelaskan, dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045, maka untuk memperoleh pemahaman yang sama dan penyelarasan dengan RPJPD, diperlukan adanya diskusi yang komprehensif terkait pencapaian dan pengukuran Indikator Utama Pembangunan (IUP). Khususnya sektor perumahan, air minum, sanitasi dan persampahan. 

“Penyelarasan rencana pembangunan nasional dan daerah bertujuan untuk memastikan berjalannya pembangunan bidang perumahan dan kawasan permukiman menuju visi Indonesia Emas 2045,” jelasnya seraya menyampaikan jika hal ini sesuai arahan Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Ia menuturkan, UU RPJPN 2025-2045 sebagai pedoman dalam penyusunan dokumen perencanaan lainnya serta menjadi pedoman dan dasar hukum penetapan dokumen RPJPD, RPJMN dan RPJMD, memerlukan keselarasan muatan substansi jangka panjang dan menengah. 

“Arah kebijakan transformasi sosial yaitu penyediaan sarana dan prasarana dasar air minum, sanitasi, persampahan, serta perumahan di kawasan permukiman yang merata dalam rangka pemenuhan SPM,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nusa Tenggara Barat SULSEL Wajo

Komitmen Kembangkan Potensi Desa, Bupati Wajo Terima Penghargaan Lencana Bakti Pembangunan Desa

LOMBOK, EDELWEISNEWS.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Wajo dibawah kepemimpinan Bupati, Amran Mahmud dan Wakil Bupati, Amran untuk mendorong kemajuan wisata di desa-desa yang ada di wilayah di Bumi La Maddukkelleng membuahkan prestasi. Prestasi membanggakan itu datang dari Desa Waetuwo, Kecamatan Tanasitolo yang berhasil meraih juara 1 lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 Kementerian Desa, Pembangunan […]

Read more
Nusa Tenggara Barat

Pawai Ribuan Motor Pendukung Kawal Kedatangan Prabowo di Sumatera Barat

PADANG, EDELWEISNEWS.COM.- Calon presiden (capres) yang sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan ke Padang, Sumatera Barat, Sabtu (9/9/2023). Setibanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada pukul 11.30 WIB, Prabowo langsung disambut oleh Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Ferry Noor beserta jajaran petinggi dan pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) serta […]

Read more
Nusa Tenggara Barat

11 Mata Air Diresmikan di Sumbawa, Para Kades dan Warga Apresiasi Program Prabowo

SUMBAWA, EDELWEISNEWS.COM – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan 11 titik mata air di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (28/5/2023). Dalam kesempatan tersebut, Prabowo sempat berbincang dengan kepala desa penerima manfaat sumber mata air melalui video conference di lapangan Kodim 1607/SBW. Kepala Desa Lamusung, Sumbawa Barat, Surya Ratna mengatakan, kehadiran sumber air tersebut membawa […]

Read more