Gubernur Launching Dua Varietas Jagung Baru Asal Sulsel

SOPPENG, EDELWEISNEWS.COM – Angin segar bagi seluruh petani jagung, khususnya di Sulawesi Selatan. Saat ini, sudah digagas dua varietas jagung unggul yang diberi nama NA1 dan NA2.

Dua varietas tersebut sudah pernah ditanam di Kabupaten Bantaeng sejak tahun 2014 silam. Saat ini dua varietas tersebut akan disebarluaskan di seluruh daerah di Sulsel.

Bahkan, varietas unggul ini rencana akan dikembangkan terlebih dahulu di Sulsel, setelah itu akan ditingkatkan menjadi varietas baru seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Sulsel, Ir. Hj. Fitriani, MP menjelaskan, penanaman bibit jagung NA2 dan NA2 ini sekaligus untuk menguji varietas baru di wilayah Kabupaten Soppeng.

“Ini untuk menguji kebenaran dan ketahanan jagung varietas baru, baik yang NA1 dan NA2, walaupun sudah pernah ditanam di Bantaeng sebelumnya,” kata Fitriani yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin di Lejja, Soppeng, Selasa (21/1/2020).

Selain dipasarkan di Wilayah Sulsel, varietas baru ini ditargetkan akan dipasarkan sampai level nasional.

Sementara di Lejja sendiri ditargetkan menjadi pusat buah-buahan. Wisatawan bisa menikmati buah – buahan tersebut usai mandi air panas di beberapa kolam di Lejja.

“Di sini juga sesuai arahan Gubernur Sulsel tahun lalu akan dijadikan pusat buah-buahan. Disini ada rumah bibit buah-buahan dan juga rumah alat alsintan (alat mesin pertanian),” jelasnya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Prof H M Nurdin Abdullah mengaku jika varietas baru ini merupakan gagasan darinya dengan tim pertanian yang sepakat untuk mengembangkan jagung tersebut di Sulsel, bahkan Indonesia.

“Jagung ini tongkolnya besar dan beratnya luar biasa berat pak. Jagung ini sebenarnya dimakan mentah juga enak, jagung ini bukan jagung sembarangan,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode tersebut.

Hadir pada acara tersebut Bupati Sidrap, Sekda Soppeng, Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, dan seluruh rombongan baik dari Sulsel maupun Soppeng dan Sidrap. (*)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Parepare SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Kunker di Brigif 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Brigade Infanteri (Brigif) 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep, Kamis, (17/10/2024). Dalam kunjungan tersebut, Pangdam bertatap muka langsung sekaligus memberikan […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Kakumdam XIV/Hsn Membuka Kegiatan Sosialisasi Tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Chk Bahrun Taslim, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Kasad Nomor 25 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kasad Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Kamis (17/10/2024). Sosialisasi ini […]

Read more
Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more