Kodam Hasanuddin Gelar Shalat Idul Fitri 1443 H di Lapangan M. Yusuf Makodam

Must read

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kodam XIV/Hasanuddin menggelar shalat Idul Fitri 1443 Hijriah / 2022 Masehi, bertempat di lapangan M. Yusuf Makodam Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (2/5/2022).

Kegiatan tahunan ini merupakan turut sertaan Kodam Hasanuddin menyediakan tempat bagi umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Di tempat terpisah, Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwantoro, SH mengatakan, kegiatan shalat Idul Fitri 1443 H/2022 M dilaksanakan di lapangan M. Yusuf Makodam, dimana selama dua tahun berturut-turut di masa pandemi Covid -19 tidak dilaksanakan karena mengikuti anjuran pemerintah.

“Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443/ H kali ini tidak dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MM, karena beliau melaksanakan ibadah umrah di tanah suci Mekkah. Beliau berangkat tanggal 25 April dan kembali 5 Mei 2022, “jelasnya.

Kabintaldam Kolonel Inf Slamet Riyanto, S.Ag, MM menyampaikan, bahwa dalam shalat Idul Fitri 1443 H, Bintaldam sebagai panitia, dan kegiatan diikuti oleh prajurit dan PNS serta masyarakat sekitar lingkungan Makodam.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri kali ini, menghadirkan Dosen Pemikiran Islam UIN Alauddin Makassar Dr. H. Barsihannor, M.Ag, sebagai imam dan Khatib Serka H. Munir Alwi, S.Pd, M.Pd, dari Bintaldam XIV/Hasanuddin.

Ustadz Barsihannor dalam khotbahnya menjelaskan, dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan, maka dirayakan hari kebesaran agama Islam, yaitu hari Idul Fitri.

“Maka dengan kesucian ibadah dalam bulan Ramadhan, umat Islam wajib merayakan dengan cara menjalin silaturahmi antar sesama,” jelasnya.

“Dengan kalimat takbir umat Islam diberikan kekuatan, sehingga dapat menahan hawa nafsu dan dapat mengendalikan diri dalam menjalin kehidupan. Agama dapat mengatur derajat manusia dengan nilai-nilai adab, sehingga kita sebagai umat Islam harus dapat menjaganya,” sambungnya.

“Marilah dalam momen ini kita dapat saling memaafkan antar sesama, sehingga dapat mempererat tali persaudaraan untuk mempersatukan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Penulis : Edy

Editor : Jesi Heny

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article