Tips Aman Menyebarang Jalan Bagi Jemaah Haji Indonesia

0
245

MAKKAH, EDELWEISNEWS.COM – Menyeberang jalan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan oleh jemaah haji Indonesia di tanah suci. Jalan yang ramai dengan lalu lintas kendaraan bisa membahayakan keselamatan penyeberang jalan. 

Mashuri Masyhuda, petugas haji Indonesia dari Seksi Transportasi Daerah Kerja Makkah mengatakan, masih banyak jemaah haji Indonesia yang sering abai saat menyeberang jalan. Mashuri memberikan beberapa tips saat menyeberang jalan yang aman bagi seluruh jemaah. 

“Fokus pada saat menyeberang jalan, ini yang utama. Jemaah haji harus memperhatikan jalan dan melihat arah datangnya kendaraan, jemaah juga harus melihat arah tujuan menyeberang,” ucap Mashuri seperti dilansir dari Kemenag.go id. 

Mashuri juga berpesan saat menyeberang  jalan agar aman perlu menghindari beberapa hal. Seperti menyeberang sambil berlari, sibuk melihat ponsel baik telepon, membaca dan membalas percakapan, mengambil foto atau video. 

Mashuri juga menambahkan agar jemaah tidak berbicara dengan jemaah lain, karena akan tidak fokus pada saat menyeberang.Saat menyeberang jalan jemaah haji untuk tidak  makan atau minum.

“Tidak boleh makan dan minum sembari menyeberang, selain berbahaya hal itu tidak mengikuti anjuran Nabi Muhammad, makan dan minum sambil duduk,” jelasnya. 

Lantas Mashuri menganjurkan jemaah haji untuk meminta bantuan petugas saat akan menyeberang jalan.

“Tampaknya sepele, tapi ini sangat riskan ya, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan petugas,” ujarnya. 

Kata Mashuri, petugas akan membantu jemaah menyeberang jalan jika menyeberang di pos pantau petugas. Sebelum menyeberang petugas akan mengumpulkan jemaah terlebih dahulu sambil mengamati situasi kendaraan di jalan. 

Petugas akan menghentikan kendaraan sebelum memberi intruksi menyeberang dengan aman. Sebab tidak semua pengemudi mobil atau bus menuruti tanda dari petugas untuk berhenti. Selain itu, banyak kendaraan yang tetap melaju kencang meski sudah diberi tanda oleh petugas. Setelah aman, petugas akan mempersilakan jemaah menyeberang jalan. 

Mashuri berharap seluruh jemaah haji Indonesia dapat mematuhi imbauan menyeberang dari petugas transportasi, agar seluruh rangkaian ibadah dapat berjalan dengan lancar, sehat hingga nanti kembali ke Tanah Air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini