Bawaslu Lutim Libatkan Basri Andang Korwil PPDI Luwu Raya Menyapa Disabilitas

LUWU TIMUR, EDELWEISNEWS.COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melibatkan Koordinator Wilayah Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Luwu Raya Basri Andang menjadi pembicara pada kegiatan Bawaslu mendengar pemilih disabilitas.

Ketua Bawaslu Luwu Timur Pawennari berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah konsolidasi bagi pemilih penyandang disabilitas.

“Kita ingin pelaksanaan pemilu dan pemilihan berkualitas. Kelompok disabilitas menjadi satu kelompok yang menjadi perhatian bagi negara yang haknya tidak boleh dikebiri dan harus disetarakan dengan semua orang yang memiliki hak pilih,” ujarnya.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Luwu Timur Sulkifli mengatakan, hak politik disabilitas telah diatur dalam UU nomor 8 tahun 2016 tentang keterpenuhan hak politik disabilitas.

“Bawaslu mengadakan kegiatan ini sebagai wujud komitmen bersama kita bahwa hak-hak disabilitas dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 tidak boleh terabaikan,” ucap Sulkifli, Senin (15/7/2024).

Sulkifli menekankan, hak pilih disabilitas pada Pilkada 2024 akan menjadi konsen Bawaslu Luwu Timur untuk memastikan terakomodir kedalam daftar Pemilih.

“Saat ini sedang dilakukan coklit. Saya tidak ingin masih ada sahabat disabilitas yang tidak terkawal hak politiknya. Saya minta kepada Panwascam agar memantau kembali hak-hak dari disabilitas,” tegas Sulkifli.

Selain hak politik disabilitas, Bawaslu juga sambung Sulkifli, akan mendorong KPU untuk memperhatikan aksebilitas pemilih disabilitas dari rumah ke TPS agar terlayani dengan baik.

“Pertemuan ini menjadi wadah kita untuk membuka ruang aspiratif, dan partisipatif, bagaimana melibatkan serta mengawal hak pilih disabilitas tidak terabaikan pada penyelenggaraan pilkada 2024,” tutup Sulkifli.

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more
Makassar SULSEL

Puluhan Booth UMKM Meriahkan Peringatan Harvesting BBI/BBWI dan HUT Sulsel di Anjungan City of Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM. – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan melaksanakan peringatan Harvesting Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Produk Dalam Negeri (PDN), di Anjungan City of Makassar, Kota Makassar, tanggal 16-19 Oktober 2024. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Since Erna Lamba mengatakan, puluhan booth atau tenant […]

Read more
Makassar SULSEL

Kadis PU Makassar Dampingi Pjs Wali Kota Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Tallo

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mendampingi Pjs Walikota Andi Arwin Azis dalam peresmian dan penyerahan pengelolaan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), berupa jaringan perpipaan Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo. Kamis (17/10/2024). Pada kesempatan ini, Dinas PU juga turut mengundang para pejabat yakni camat, lurah, […]

Read more