Danny Pomanto Sempatkan Diri Ziarah ke Makam Datu Suppa dan Mantan Wakil Wali Kota Parepare Faisal Sapada

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Hj. Andi Soji Datu Kanjenne Datu Suppa XXVIII yang juga merupakan istri dari Andi Abdullah Bau Massepe Datu Suppa XXVII.

Selain itu Danny Pomanto juga menziarahi makam Wakil Wali kota Parepare periode 2013-2018 H Achmad Faisal Andi Sapada.

Kunjungan itu dilakukan dalam lawatannya ke Parepare saat menghadiri undangan saksi nikah di Gedung Islamic Center, Jalan Agus Salim.

Olehnya, sembari menghadiri undangan, Danny ingin secara langsung mendoakan para pejuang bangsa itu. Apalagi almarhum Faisal Sapada belum lama ini meninggal dunia.

Disana, Wali Kota Makassar dua periode itu disambut hangat masyarakat setempat. Dengan mengenakan baju putih dan celana kain hitam, ia menyapa warga dan bergegas menuju pemakaman.

Di depan pusara makam, Danny mendoakan mendiang para tokoh bangsa agar selalu diberikan rahmat dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Swt.

Ia berharap jiwa kepahlawanan, patriotisme, dan semangat yang ada pada diri tokoh Sulsel itu menjadi penyemangat bagi generasi muda.

“Beliau-beliau merupakan contoh dan teladan bagi generasi muda Sulsel,” katanya, Kamis, (19 September 2024).

Sebagaimana diketahui, ayah Hj. Andi Soji Datu Kanjenne Datu Suppa XXVIII ialah Andi Mappangile Karaeng Tinggi Mae, Putra dari Andi Parenrengi Daeng Pabeso Karaeng Tinggi Mae Datu Suppa XXIV dan Arung Lalolo Sidenreng, ibunya adalah Petta Muntu Putri dari La Saddapotto Addatuang Sidenreng XII.

Sementara ibunya adalah Andi Pannanreng Datu Madello Putri dari La Tengko Arung Belawa Alai (Gelar Petta Mancijiā€™e ri Wajo)..Hj. Andi Soji dinikahi oleh Andi Abdullah Bau Massepe pada tahun 1933.

Sedangkan sosok almarhum Dr. Ir. H. Achmad Faisal Andi Sapada adalah mantan birokrat dan politisi.

Menjadi Wakil Wali kota Parepare periode 2013-2018 berpasangan Wali Kota Taufan Pawe. Almarhum Faisal Andi Sapada juga merupakan sahabat Danny Pomanto. Keduanya terlibat aktif membesarkan olahraga Soft Ball di Sulsel.

Faisal Andi Sapada dikukuhkan menjadi Addatuang Sidenreng pada Februari 2020 hingga akhir hayatnya pada Juni 2024.

Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Rabu (5/6/2024).

Merunut keturunan Andi Faisal Sapada berasal dari garis keturunan Addatuang Lasadapotto, Addatuang Sidenreng ke-22. Lasadapotto menikah dengan Igawe melahirkan Imuntu yang kemudian menikah dengan Karaeng Tinggi Mae (Parenrengi).

Dari pernikahan Imuntu dan Karaeng Tinggi Mae, lahir Lamappangile yang selanjutnya menikah dengan P. Jonga.

Perkawinan mereka melahirkan Andi Sapada yang kemudian menikah dengan Andi Nurhani Makkasau (Putri Datu Suppa) yang merupakan orang tua dari Andi Achmad Faisal Sapada. (Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kadis PU Kota Makassar Hadiri Upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Karebosi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Zulhaesi Zubir, ST, MT bersama pejabat dan seluruh staf mengikuti Hari Upacara Kesadaran Nasional di lapangan Karebosi yang diperingati tanggal 17 setiap bulan. Upacara Hari Kesadaran Nasional adalah wujud pengabdian dan komitmen seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga semangat kebangsaan. “Melalui disiplin, dedikasi, dan kerja nyata, […]

Read more
Makassar SULSEL

Indira Yusuf Ismail Serahkan Piagam Penghargaan kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Makasaar, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Makassar, Irma Awalia, menerima piagam apresiasi dari PKK Kota Makassar. Apresiasi ini diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, dalam kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kota Makassar, yang berlangsung di Upperhills Convention pada Rabu (18 September […]

Read more
Makassar Pariwisata SULSEL

Dinas Pariwisata Makassar Gelar Rakor untuk Menyusun dan Menganalisis Data Kunjungan Wisatawan Tahun 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Makassar, Yulianti, memimpin rapat koordinasi untuk menyusun dan menganalisis data kunjungan wisatawan Kota Makassar Tahun 2024, Rabu (18/6/2024). Rapat ini bertujuan untuk memetakan tren dan pola kunjungan wisatawan ke Kota Makassar dalam tahun berjalan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai […]

Read more