Dinas Capil Sulsel Gelar Pembinaan Ketahanan Keluarga di Lutra

LUWU UTARA, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulsel menggelar kegiatan Pembinaan Ketahanan keluarga Bina Kesehatan Balita, Remaja dan Lansia di Kabupaten Lutra, Selasa (17/9/ 2019).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melakukan pendampingan kelompok Tribina Keluarga Sejahtera, diantaranya keterampilan komunikasi, kerjasama, pemahaman konseptual, pengenalan masalah dan pengorganisasian kelompok.

Acara dihadiri Kadis Dukcapildalduk KB Provinsi Sulsel Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM dan Asisten I Lutra yang sekaligus sebagai Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Jumal Jayair Lussa serta narasumber dari provinsi Arlin Adam.

Dalam sambutannya, Sukarniaty kondolele menekankan pentingnya peran kader dalam mengaktifkan kelompok-kelompok Tribina, sehingga dapat diwujudkan keluarga sejahtera melalui pengasuhan yang tepat bagi bayi, pembinaan remaja, dan pendampingan lansia.

Sementara Jumal Jayair Lussa yang mewakili Bupati Lutra mengungkapkan bahaya narkoba yang marak di kalangan remaja, hal itu mempengaruhi seluruh aspek kehidupan keluarga.

“Saya berharap kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) aktif memberikan penyuluhan kepada keluarga, sehingga para keluarga mampu melindungi anggota keluarganya dari perilaku penyalahgunaan narkoba,” harapnya.

Metode pembinaan dilakukan melalui diskusi interaktif dengan kader tentang kebutuhan yang diperlukan dalam mengatasi masalah di lapangan. Sebelum diskusi interaktif, para kader diberikan materi pengantar diskusi mengenai keterpaparan dan faktor risiko yang dihadapi oleh keluarga dalam menjalankan fungsi keluarga secara optimal.

Diharap pula melalui pembinaan ini, para kader memiliki penyegaran terkait peran dan fungsinya di lapangan, serta memiliki keterampilan praktis dalam memperlancar tugasnya sebagai fasilitator keluarga menuju keluarga bahagia dan sejahtera.

Penulis : Andi Alim

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Irwan Rusfiady Adnan Resmi Dilantik Sebagai Pj Sekda Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Irwan Rusfiady Adnan resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, menggantikan Firman Hamid Pagarra, di ruang Sipakatau Balaikota, pada Jumat (18/10/2024). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis dan disaksikan oleh jajaran pejabat Pemkot Makassar, unsur Forkopimda Kota Makassar, […]

Read more
Parepare SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Kunker di Brigif 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Brigade Infanteri (Brigif) 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep, Kamis, (17/10/2024). Dalam kunjungan tersebut, Pangdam bertatap muka langsung sekaligus memberikan […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Kakumdam XIV/Hsn Membuka Kegiatan Sosialisasi Tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Chk Bahrun Taslim, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Kasad Nomor 25 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kasad Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Kamis (17/10/2024). Sosialisasi ini […]

Read more