Disnaker Makassar Sukseskan Program Strategis Danny Pomanto: 10.000 Ribu Skill Pelatihan Gratis

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Moh. Ramdhan Pomanto, dalam kepemimpinannya sebagai Wali Kota Makassar, memiliki visi meningkatkan kompetensi masyarakat dalam dunia usaha dan dunia industri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kota.

Untuk itu, salah satu program strategis Danny adalah penyediaan 10.000 Ribu Skill Training Gratis bagi masyarakat. Dinas Keternagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar menjadi leading sector dari 12 SKPD yang mendukung program tersebut.

Kepala Disnaker Kota Makassar, Neilma Palamba mengungkapkan, bahwa Disnaker sendiri setiap tahunya menyiapkan kurang lebih 2.000 peserta untuk berbagai pelatihan.

“Kami memberi pelatihan mengikuti standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), salah satunya dengan pemberian pelatihan selama 80 Jam Pelajaran. Hal ini untuk memaksimalkan pelatihan agar menghasilkan alumni yg kompeten,” jelasnya di Kantor Disnaker pada Rabu, (10/7/2024).

Menurutnya, Kota Makassar dikenal sebagai kota dagang dan jasa, sehingga jenis pelatihan yang ditawarkan Disnaker disesuaikan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi ).

“Beberapa jenis pelatihan yang populer antara lain pelatihan berbasis multimedia, keterampilan Barista, administrasi perkantoran, kewirausahaan, hingga keterampilan teknis seperti alat berat, dan pelatihan lainnya,” jelasnya.

Nielma mengatakan program 10.000 Ribu Skill Training Gratis ini menyasar berbagai kelompok terutama masyarakat lorong, fresh graduate, dan penyandang disabilitas.

“Kami memberikan masyarakat lorong pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, pelatihan menjahit, barang daur ulang, dan pelatihan lainnya yang bisa membantu mereka membuka peluang usaha,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Nielma, penyandang disabilitas diberikan pelatihan melalui unit layanan disabilitas yang telah berjalan sejak tahun 2021.

“Melalui layanan ini, mereka dilatih dalam kemampuan soft skill dan hard skill secara gratis untuk meningkatkan perekonomian mereka. Misalnya pelatihan perbengkelan dan perbaikan alat elektronik,” tambahnya

Untuk mendukung program ini, Nielma mengatakan Disnaker juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pelatihan dan industri.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan materi pelatihan yang diberikan sesuai dengan standar industri dan kebutuhan pasar kerja saat ini,” jelasnya.

Untuk masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut pelatihan yang tersedia, Nielma mengarahkan untuk mengakses website https://iporena.disnaker.makassarkota.go.id/login

Nielma berharap melalui program ini, dapat mencetak tenaga kerja yang lebih terampil dan berdaya saing, sehingga membuka peluang investasi dan menciptakan lapangan kerja baru di Kota Makassar akan semakin terbuka.

“Kami percaya bahwa dengan meningkatkan keterampilan masyarakat, kita juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan untuk Makassar menuju Kota Kompeten dan Inklusif,” pungkas Nielma. (Hms)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Camat Makassar Bahas Mekanisme Pemungutan Sampah bersama Lurah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Setelah melaksanakan upacara bendera, pada hari Senin pagi, Camat Makassar Husni Mubarak menggelar Rapat Koordinasi bersama seluruh lurah di ruang kerjanya, Senin (26/8/2024). Adapun rapat tersebut untuk membahas Peraturan Daerah (Perda) mengenai mekanisme Pemungutan Retribusi Sampah. Dalam rapat ini, Husni Mubarak memaparkan Perda Persampahan dan kemudian menjelaskan mekanisme retribusi sampah lalu mendiskusikan […]

Read more
Uncategorized

Pj Sekda Makassar : KIM Fest Merupakan Upaya Pemerintah Wujudkan Pembangunan Merata di Daerah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pj. Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana membuka kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Fest 2024 yang digelar di Anjungan City Of Makassar, Jumat (9/8/2024). Pembukaan resmi ini ditandai dengan tabuhan gendang dan pemberian piagam apresiasi dari Staf Ahli Menteri Bidang Sosial […]

Read more
Uncategorized

Biro SDM Polda Sulsel Gelar Peningkatan Kemampuan Polwan Sebagai Konselor Perempuan Dan anak.

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulsel menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Konselor sebagai Pendamping Perempuan dan anak bagi Polwan Bhabinkamtibmas dan Polwan Unit PPA Polda Sulsel T.A. 2024. Adapun tema peran konselor Polwan di era digital dalam menciptakan Harkamtibmas yang aman dan kondusif yang diselenggarakan di Ballroom Balla Lompo I Hotel Harper […]

Read more