Unhas Terima 1.984 Maba Program Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi

0
358

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM- Universitas Hasanuddin menerima 1.984 mahasiswa baru untuk program Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi. Penerimaan secara resmi berlangsung di setiap fakultas. Hari ini, Senin, 19 Agustus 2019, prosesi penerimaan secara resmi berlangsung di Fakultas Hukum dan Sekolah Paskasarjana.

Program pascasarjana di Unhas terdiri atas program monodisiplin, yaitu yang berkaitan langsung dengan ilmu spesifik yang memiliki naungan fakultas. Program lainnya adalah yang bersifat multidisiplin, atau berkaitan dengan beberapa rumpun ilmu. Sekolah Pascasarjana Unhas mengelola secara administratif seluruh program pascasarjana. Masing-masing fakultas menyelenggarakan operasional program pasca monodisiplin, sementara Sekolah Pascasarjana melaksanakan operasional program multidisiplin.

Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, Ph.D melakukan proses penerimaan dan penyambutan kepada mahasiwa yang terdiri dari Program Magister dan Doktor. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00 wita di Aula Fachruddin, Sekolah Pasca Sarjana, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Kegiatan ini bukan hanya dihadiri oleh dekan sekolah pasca sarjana, akan tetapi para wakil dekan, ketua prodi, staf serta pegawai memenuhi tempat kegiatan.

Dalam sambutannya, Prof Jamaluddin menerima secara resmi mahasiswa pasca sarjana semester awal tahun 2019/2020. Selain itu, Prof Jamaluddin berharap mahasiswa baru bisa memantapkan konsep dan misi apa yang akan mereka lakukan untuk menyelesaikan studi mereka dengan cepat dan bisa menjadi orang-orang yang mampu membawa perubahan yang lebih baik untuk Indonesia.

“Buat perjalan anda lebih mudah. Kami senang kalian lama di sini, tapi kami akan lebih senang jika kalian bisa lulus lebih cepat dari apa yang sudah ditentukan, sehingga akan lebih cepat untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara,” jelas Prof Jamal.

Pada kesempatan yang sama, Prof Jamaluddin juga memberikan kuliah umum yang membahas mengenai “Sains Garda Depan: Frontier of Science for Better Indonesia Facing Industry Revolution 4.0 and Society 5.0”.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof Jamal menjelaskan bahwa esensi dari perkembangan 4.0 pada dasarnya telah masuk ke seluruh sendi kehidupan. Termasuk ruang kuliah. Dalam perkembang zaman, orang-orang telah banyak berubah termasuk teknologi yang semakin berkembang.

“Kita jangan mengikut terus, harus ada perubahan,” kata Prof Jamal.

*Penerimaan di Fakultas Hukum*

Di Fakultas Hukum, proses penerimaan langsung dipimpin oleh Dekan, Prof. Dr. Farida Patitingi, SH, M.Hum. Dalam sambutannya, Prof Farida berharap mahasiswa pascasarjana memiliki nilai-nilai keunhasan sebagai landasan dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi.

“Alhamdullah hari ini kita menerima 211 mahasiswa baru program pascasarjana Fakultas Hukum. Kita harapkan mahasiswa dapat memahami posisinya, serta hak dan kewajibannya selama menempuh pendidikan disini,” jelas Prof Farida.

Dalam kesempatan ini, Dekan FH menjelaskan bahwa sebagai upaya mendukung mahasiswa untuk menyelesaikan studi sesuai waktu yang telah ditentukan atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan, Prof Patittingi melakukan pengembangan terhadap Law Information System dengan menghadirkan Early Warning sebagai alarm pengingat kepada mahasiswa baru.

“Kita ada Law Information System yang sudah dipakai oleh mahasiswa sarjana sampai doktor. Sistem itu kita kembangkan dan hadirkan early warning yang berfungsi sebagai alarm pengingat. Misalnya dalam tiga bulan itu seharusnya mereka sudah melakukan penelitian, tapi tidak ada perkembangan, nah kami bertugas untuk mengingatkan, semuanya terlihat dimonitor secara otomatis,” tambah Prof Patittingi.

*Data Mahasiswa Baru Pascasarjana, Profesi dan Spesialis Tahun 2019*

Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 191 orang
– S2: 154 orang
– S3: 37 orang

Fakultas Farmasi: 144 orang
– Profesi: 119 orang
– S2: 25 orang

Fakultas Hukum: 211 orang
– S2: 143 orang
– S3: 68 orang

Fakultas Ilmu Budaya: 79 orang
– S2: 57 orang
– S3: 22 orang

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 39 orang
– S2: 29 orang
– S3: 10 orang

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: 107 orang
– S2: 84 orang
– S3: 23 orang

Fakultas Kedokteran: 194 orang
– Profesi: 16 orang
– S3: 41 orang
– Spesialis: 137 orang

Fakultas Kedokteran Gigi: 47 orang
– Profesi: 10 orang
– Spesialis: 37 orang

Fakultas Kehutanan: 46 orang
– S2: 36 orang
– S3: 10 orang

Fakultas Keperawatan: 114 orang
– Profesi: 100 orang
– S2: 14 orang

Fakultas Kesehatan Masyarakat: 159 orang
– S2: 128 orang
– S3: 31 orang

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: 51 orang
– S2: 46 orang
– S3: 5 orang

Fakultas Pertanian: 23 orang
– S2: 23 orang

Fakultas Peternakan: 11 orang
– S2: 11 orang

Fakultas Teknik: 354 orang
– Profesi: 234 orang
– S2: 87 orang
– S3: 33 orang

Sekolah Pascasarjana: 214 orang
– S2: 184 orang
– S3: 30 orang

Editor: Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini