Hadiri FGD DKP, Firman Pagarra Beri Arahan Genjot Budidaya Pangan di Longwis

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Seiring bertambahnya jumlah penduduk di Kota Makassar, maka kebutuhan akan pangan juga semakin meningkat jumlahnya.

Untuk itu, Dinas Ketahangan Pangan (DKP) kota Makassar melalui Focus Grup Discussion (FGD) berkomitmen terus melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat demi pemenuhan pangan di Kota Makassar.

Komitmen ini pula didukung penuh oleh Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra yang memimpin FGD di Ruang Rapat Sekda, Balaikota Makassar, Jumat (26/7/2024).

Firman mengatakan, ada tiga poin penting dalam pembahasan FGD ini. Yakni, penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi dan kurangnya lahan pertanian di Kota Makassar.

Tiga poin ini menjadi isu penting untuk segera diberikan solusi.

“Jadi kita terkenal dengan lorong wisata. Lorong ini disebut pak wali sebagai selnya kota. Periode pertama pak wali itu k disebut lorong garden lalu Bulo sekarang menjadi lorong wisata yang salah satu item di dalamnya itu budidaya pangan,” ujar Firman.

Firman menjelaskan pemanfaatan ruang minimalis yang terdapat di perkotaan itu dimanfaatkan agar dapat menghasilkan produksi.

Selain itu, pemenuhan kebutuhan pangan, kenyamanan hidup di tengah polusi udara perkotaan dan menghadirkan nuansa estetika lingkungan masyarakat di lorong wisata.

Kata Firman, salah satu upaya untuk terus meningkatkan produktivitas budidaya pangan di perkotaan dengan memakai metode urban farming.

“Urban farming ini kita dukung untuk pemerataan pemenuhan pangan bagi masyarakat Kota Makassar. Jadi penerapan ini pula dilakukan beberapa tahapan dan koordinasi dengan pihak KWT dan RT/RW,” sebutnya.

Selain tahapan tersebut, sebelumnya program lorong wisata urban farming ini juga dibarengi dengan keterlibatan publik, seperti pembentukan dewan lorong, pembentukan influencer atau bassi barania serta penguatan ketua RT/RW setempat, yang ikut membantu mengawal dan menjaga keberlangsungan program lorong wisata.

Karenanya, melalui FGD, Firman berharap forum ini dapat memberikan masukan serta gagasan yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu pembenahan tata kelola pangan di Kota Makassar. Sehingga hasilnya nanti dapat dirasakan oleh semua masyarakat dan dapat menstabilkan inflasi di Kota Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Camat Makassar Bahas Mekanisme Pemungutan Sampah bersama Lurah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Setelah melaksanakan upacara bendera, pada hari Senin pagi, Camat Makassar Husni Mubarak menggelar Rapat Koordinasi bersama seluruh lurah di ruang kerjanya, Senin (26/8/2024). Adapun rapat tersebut untuk membahas Peraturan Daerah (Perda) mengenai mekanisme Pemungutan Retribusi Sampah. Dalam rapat ini, Husni Mubarak memaparkan Perda Persampahan dan kemudian menjelaskan mekanisme retribusi sampah lalu mendiskusikan […]

Read more
Uncategorized

Pj Sekda Makassar : KIM Fest Merupakan Upaya Pemerintah Wujudkan Pembangunan Merata di Daerah

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pj. Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana membuka kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Fest 2024 yang digelar di Anjungan City Of Makassar, Jumat (9/8/2024). Pembukaan resmi ini ditandai dengan tabuhan gendang dan pemberian piagam apresiasi dari Staf Ahli Menteri Bidang Sosial […]

Read more
Uncategorized

Biro SDM Polda Sulsel Gelar Peningkatan Kemampuan Polwan Sebagai Konselor Perempuan Dan anak.

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulsel menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Konselor sebagai Pendamping Perempuan dan anak bagi Polwan Bhabinkamtibmas dan Polwan Unit PPA Polda Sulsel T.A. 2024. Adapun tema peran konselor Polwan di era digital dalam menciptakan Harkamtibmas yang aman dan kondusif yang diselenggarakan di Ballroom Balla Lompo I Hotel Harper […]

Read more