Hadiri Rakor Lintas Sektoral, Kodam XIV/Hasanuddin Siap Laksanakan Arahan Panglima TNI

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Irdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 secara virtual, di Lobby Lontang Addupangeng Bharadaksa Mapolda Sulsel, Kota Makassar, Kamis (6/4/2023).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam arahannya menyampaikan bahwa puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada sehari sebelum lebaran, dengan potensi pergerakan sebanyak 18,7 juta orang.

Kemudian Kementerian Perhubungan juga memproyeksikan akan adanya jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang pada Lebaran 2023 yang masih didominasi menggunakan transportasi pribadi.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., menyampaikan, bahwa TNI akan menyiapkan Satkowil sesuai dengan permintaan Polri dalam kegiatan pengamanan selama periode libur Idul Fitri, dan juga akan menyiagakan personel dan Alutsista untuk mendukung arus mudik maupun arus balik apabila dibutuhkan.

“Apabila ada peningkatan masyarakat yang melaksanakan mudik, apabila tidak memungkinkan dengan angkutan yang ada, kami sudah siapkan baik untuk KRI, pesawat udara, maupun darat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Panglima TNI juga akan menyiagakan pasukan untuk melaksanakan pengamanan disejumlah objek strategis, seperti di bandara dan pelabuhan, serta akan membantu pemerintah dalam pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini harus kita waspadai semuanya, kita bantu semuanya, sehingga lebaran tahun ini walaupun terjadi peningkatan mudik, namun apabila kita siaga dari awal saya yakin bisa kita laksanakan dengan baik dan mudah-mudahan semuanya lancar,” tutupnya.

Menindaklanjuti arahan Laksamana Yudo, Irdam mewakili Pangdam menyampaikan, bahwa Kodam XIV/Hasanuddin siap untuk menindaklanjuti beberapa poin arahan orang nomor satu di lingkungan TNI tersebut. Dan akan menyiagakan personelnya dalam menghadapi berbagai kemungkinan selama pelaksanaan Idul Fitri 1444 H.

“Jajaran Kodam XIV/Hasanuddin akan senantiasa siap melaksanakan perintah sesuai arahan Panglima TNI. Hal itu tidak lain bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik maupun kegiatan lainnya di bulan yang penuh berkah ini,” pungkasnya.

Sumber : Pendam XIV Hsn

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more
Makassar SULSEL

Puluhan Booth UMKM Meriahkan Peringatan Harvesting BBI/BBWI dan HUT Sulsel di Anjungan City of Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM. – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan melaksanakan peringatan Harvesting Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Produk Dalam Negeri (PDN), di Anjungan City of Makassar, Kota Makassar, tanggal 16-19 Oktober 2024. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Since Erna Lamba mengatakan, puluhan booth atau tenant […]

Read more
Makassar SULSEL

Kadis PU Makassar Dampingi Pjs Wali Kota Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Tallo

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mendampingi Pjs Walikota Andi Arwin Azis dalam peresmian dan penyerahan pengelolaan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), berupa jaringan perpipaan Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo. Kamis (17/10/2024). Pada kesempatan ini, Dinas PU juga turut mengundang para pejabat yakni camat, lurah, […]

Read more