Hasil Penyelundupan Benih Bening Lobster Sebanyak 237.305 Ekor Senilai 23,6 Miliar Rupiah di Lepas Perairan Karimun

BATAM, EDELWEISNEWS.COM – Tim Gabungan Bareskrim Polri bersama Kanwilsus DJBC Kepri, dan Lantamal IV Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih bening lobster yang yang terjadi di Perairan Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Pol Nunung Syaifuddin, S.I.K., M.M., didampingi Kakanwil DJBC khusus Kepri Adhang Noegroho Adhi, saat konferensi Pers di Kantor DJBC Khusus Kepri Kabupaten Karimun. Kamis (17/10/2024).

Turut hadir Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Puttu Yuda Prawira, S.I.K., M.H., Komandan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.H., M.Han., Kepala KPU Bea Cukai, Kepala Balai Karantina Stasiun TBK, Asintel Lantamal IV, Kapolres Kab.Karimun, Danlanal TBK, Kapolsek Meral, Kasat Reskrim Polres Karimun, Kepala Subdit Patroli Laut Kepri.

Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Pol Nunung Syaifuddin, S.I.K., M.M., menjelaskan Berawal dari informasi dan hasil penyelidikan yang valid mengenai adanya “Kapal hantu” yang akan menjemput Benih Lobster yang sudah terpacking rapi, untuk dibawa ke luar negeri secara illegal.

“Selanjutya tim gabungan melakukan pengejaran dan penangkapan Kapal HSC (High Speed Craft), hasilnya tanggal 14 Oktober 2024 Tim Gabungan mampu menggagalkan upaya penyelundupan 237.305 benih bening lobster senilai 23,6 Miliar Rupiah.” Jelas Nunung.

Kemudian Tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri selama kurang lebih 2 bulan melaksanakan pemetaan dari hulu ke hilir terkait penyelundupan benih bening lobster jaringan darat dari Jawa timur, Jawa barat, Banten, Lampung, Sumatera Barat. Sedangkan jalur barang melalui Sumatera Selatan, Jambi.

“Selanjutnya tanggal 14 oktober 2024 telah diamankan barang Bukti 46 kotak streofoam berisikan 237.305 ekor dan 1 Unit Kapal HSC. Para tersangka inisial CM dan RI dalam pengejaran dan sudah dikantongi identitasnya. Serta tersangka (Buyer) berada di luar negeri masih kami dalami.” Ungkap Nunung.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Modus operandi yang digunakan oleh penyelundup adalah dengan cara mengumpulkan atau mengepul benih bening, kemudian dikemas dan diselundupkan ke luar negri menggunakan Kapal HSC.

Benih Bening Lobster telah dilepas Selasa, 15 Oktober 2024 di perairan Anak Kanipan Batu, Kabupaten Karimun oleh Dit Tipidter Bareskrim Polri, Kanwilsus DJBC Kepri, Lantamal IV Batam dan instansi terkait.

“Untuk pelaku akan dikenakan dengan ancaman pidana penjara 8 tahun dan denda Rp.1.500.000.000 (Satu miliar lima ratus juta rupiah).” Tutup Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Pol Nunung Syaifuddin, S.I.K., M.M.

Editor: Bastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam Nasional

Masyarakat Kepulauan Riau Beri Nilai 100 untuk Prabowo

KOTA BATAM, EDELWEISNEWS.COM – Prabowo menyapa ribuan relawan dalam agenda silaturahmi akbar di area Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1/2024). Dalam kesempatan itu, Prabowo diberi nilai 100 para warga. Prabowo pun mengajak rakyat Indonesia untuk bersemangat membangun Indonesia menjadi negara maju dengan kekayaan alam yang dimiliki. Ia bertekad, kekayaan itu […]

Read more
Batam

Warga Sambut Antusias Bakti Kesehatan Polri di Rempang

KEPRI, EDELWEISNEWS.COM – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Kepulauan Riau (Kepri) melakukan bakti kesehatan di Desa Pasir Panjang, Rempang, Galang. Kali ini bakti kesehatan yang dilakukan dengan memberikan pengecekan laboratorium sederhana secara gratis. Nampak antusiasme masyarakat yang didominasi ibu-ibu menyambut pelayanan kesehatan gratis. Mereka mengkonsultasikan keluhan kesehatan yang selama ini kerap dirasakan. Kabid Humas […]

Read more
Batam

Polri Gelar Bakti Kesehatan Bagi Masyarakat Rempang

BATAM, EDELWEISNEWS.COM – Polri menyelenggarakan bakti kesehatan bagi masyarakat Kampung Cate, Rempang, Galang dan Simpang Sembulang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Penyelenggaraan bakti kesehatan itu juga dilakukan di Panti Jompo Titian Kasih dan Yayasan Tunas Karya Sembulang. Kabiddokkes Polda Kepri Kombes. Pol. dr. Muhammad Haris dan Karumkit Bhayangkara Batam Pembina dr. Rr. Novita Wahyu Handayani, […]

Read more