Beranda blog

Asisten III Sulsel Minta OPD Wujudkan Pemerintahan yang Bersih

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina memimpin Rapat Pertemuan yang berlangsung di Lantai 4 Ruang Rapat BKAD Sulsel, Selasa (15 Februari 2022).

Pertemuan dihadiri oleh OPD dalam lingkup Asisten Administrasi Pemprov Sulsel. Diantaranya TGUPP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia, Badan Penghubung Daerah, Biro Organisasi, Biro Umum, Biro Administrasi Pimpinan.

Dalam pertemuan ini, dibahas beragam hal. Beberapa diantaranya evaluasi penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), reformasi birokrasi dan optimalisasi PPID.

Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dibawah kepemimpinan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman senantiasa mendorong untuk menghadirkan pelayanan publik yang baik.

Tak hanya itu, ia pun mendorong untuk memaksimalkan dalam evaluasi pada reformasi birokrasi. Termasuk dalam evaluasi lebih baik untuk mendapatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Dimana tahun sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN- RB) memberikan penghargaan kepada Provinsi Sulsel nilai B untuk tingkat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Kita berharap semua OPD berupaya untuk membangun pemerintahan yang bersih melayani,” kata pria yang akrab disapa Toto ini. (**)

Editor : Anisah

Konjen Australia dan Monash Univercity Menemui Walikota Makassar

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Konsulat Jenderal Australia di Makassar, Bronwyn Robbins bersama Monash University menemui Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto di kediaman pribadinya Jalan Amirullah Makassar, Kamis (19/5/2022).

Pertemuan tersebut membahas program Revitalising Informal Settlements and their Environment (RISE), sekaligus memperkenalkan pemangku kepentingan serta menjelaskan prioritas proyek serta kemajuan implementasi RISE di Kota Makassar.

Di hadapan Walikota Danny, Konsul-Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terus berkelanjutan antara RISE bersama dengan Pemkot Kota Makassar.

“Pemerintah Australia menghargai kemitraan yang sedang berlangsung dengan Kota Makassar, untuk bersama-sama memberikan penyediaan layanan air bersih dan sanitasi yang lebih baik untuk enam lokasi permukiman informal,” ucap Bronwyn.

Bronwyn berharap Walikota Danny dapat hadir pada acara ground breaking beberapa bulan mendatang di Batua.

Sementara itu, Danny menjelaskan, bahwa program yang lokusnya di Kota Makassar merupakan support dari Pemerintah Australia.

‘Ini sebuah program yang hanya lokusnya di Makassar dan disupport oleh Australia bersama internasional donatur serta Monash University yang sifatnya mendunia,” ujarnya.

Yang menariknya, kata Danny, mereka memilih Kota Makassar untuk program RISE yang berkelanjutan.

“Bersama dengan Kota Suva, Fiji, ini suatu kehormatan bagi kita di Makassar, pemerintah Australia senang sekali dapat mendukung kita, sehingga program ini harus kita sukseskan. Itu juga bersinergi dengan program – program pemerintah kota sebelumnya. Seperti, lorong wisata, Aparong dan Lorong KB,” jelasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Fenni Rum (Program Manager, Australian Embassy, Jakarta), Steven Chaytor (KIAT Facility Director), Brett Davis (RISE Program Manager), Kerrie Burge (Project Manager) serta hadir pula perwakilan dari BAPPENAS dan Kementerian PUPR. (Yat)

Editor : Jesi Heny

Pemkot Makassar Keluarkan Pengumuman Terbuka Seleksi Calon Direksi dan Dewan Pengawas BUMD

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui tim seleksi mengeluarkan pengumuman terbuka untuk⁴ mengikuti seleksi calon Direksi dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Kamis (19/5/2022).

Pengumuman yang dikeluarkan Timsel dengan nomor: 001/ PANSEL/V/2022 menjelaskan tentang pengisian jabatan untuk direksi dan dewan pengawas Perumda air minum Makassar, PD. Parkir Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya, PD Terminal Makassar Metro, PD Perkreditan Rakyat, PD Rumah Pemotongan Hewan Makassar.

Maka melalui surat pengumuman tersebut, Pemkot Makassar mengundang kepada warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi terbuka calon direksi dan dewan pengawas.

Adapun waktu pendaftaran dibuka mulai hari Kamis tanggal 19 sampai dengan tanggal 23 Mei 2022 sampai batas waktu pukul 16.00 Wita.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti seleksi ini dipersilahkan untuk melihat persyaratan lengkap di sekretariat seleksi ruang laboratorium inovasi penelitian dan pengembangan Pemkot Makassar lantai 2, Jalan Ahmad Yani No. 2 Makassar.

Atau dapat mengunjungi, website : Kota Makassar : https://makassarkota.go.id/seleksibumd2022. (Yat)

Editor : Anisah

Pangdam Hasanuddin Hadiri Kejurnas Lomba Tembak International Long Range Shooting Grand Prix 2022

0

BULUKUMBA, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH menghadiri pembukaan kejurnas lomba menembak seri ke-3 pertandingan 2nd Indonesia International Long Range Shooting Grand Prix 2022, di Dusun Bakung-bakung, Desa Lembana, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (21/5/2022).

Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI Joni Supriyanto saat membuka acara dalam sambutannya mengatakan, kejuaraan menembak Indonesia Internasional Long Range Shooting Grand Prix, bertujuan untuk bagaimana mensosialisasikan ke masyarakat dan minat para atlet maupun wisatawan untuk ikut berpartisipasi.

Untuk diketahui, kegiatan lomba ini sudah lama dipersiapkan, kurang lebih 2 tahun. Namun, karena Pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan bisa terlaksana hari ini, akan tetapi masih dibatasi. Karena pada awal tahun ini juga masih dalam kondisi Pandemi.

“Saya memberikan apresiasi kepada Bupati Bulukumba dan instansi terkait lainnya atas dukungannya pada pelaksanaan kegiatan lomba menembak. Ini dalam rangka memajukan olahraga di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

“Besar harapan saya kepada pengurus Perbakin Sulawesi Selatan untuk menyiapkan atlet, agar bisa ikut bertanding dalam pekan olahraga nasional yang akan digelar di Provinsi Aceh,” sambungnya.

“PB Perbakin tidak memiliki atlet, namun atlet itu adalah milik dari pemerintah provinsi yang ditempa dan dilatih oleh PB Perbakin. Dan kami cuma menyiapkan fasilitas serta pelatih untuk mendukung kemahiran atlet dalam olahraga menembak, sehingga dapat disiapkan pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Internasional,” tutupnya.

Turut hadir Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Nana Sujana, MM, Kepala Keamanan Kereta api Indonesia Mayjen (Mar) Pur Chaidir Patonori, Danrem 141/TP Brigjen TNI Djashar Djamil, Bupati Bulukumba H. Andi Muhtar Ali Yusuf, Forkopimda dan pimpinan BUMN/BUMD serta para unsur pejabat TNI Polri di wilayah Kabupaten Bulukumba.

Penulis : Edy

Editor : Jesi Heny

Penyelidikan Kasus Dugaan Pencabulan Anak di Lutim Dihentikan

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. Komang Suartana, SH, S.I.K, MH didampingi Wadirreskrimum Duhri Akbar Nur, SIK dan Kapolres Luwu Timur AKBP Silvester, MM, Simamora, SIK, MH menggelar press release Dugaan Kasus Pencabulan Terhadap Anak di Luwu Timur, di Lobby Lontang Adduppangeng, Bharadaksa Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022).

Press release tersebut dihadiri juga oleh UPT PPA Luwu Timur, tim dari Bareskrim Polri, Komisioner Kompolnas, Tim KPPA, Tim Apsifor dan Perwakilan Kantor Staf Presiden RI.

Perkembangan penyelidikan laporan pengaduan Sdri. RS pada tanggal 9 Oktober 2019 tentang dugaan kekerasan seksual terhadap 3 orang anaknya, yang diduga dilakukan oleh Sdr. S bertempat di Perumahan Bumi Malili, Desa Ussu, Kec Malili, Kab Luwu Timur.

Pelapor Sdri RS mengaku jika ke-3 anaknya telah dicabuli oleh mantan suaminya Sdr S. Dalam pemeriksaan, terlapor Sdr. S tidak mengaku jika ia telah melakukan pencabulan kepada anaknya, sebagaimana yang telah dituduhkan.

Hasil gelar perkara yang dilaksanakan di Polda Sulsel adalah, dihentikan penyelidikannya atau karena tidak ditemukan adanya peristiwa pidana. (Ril)

Editor : Jesi Heny

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Punya Pengurus Baru

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bunda Pustaka, periode 2022-2023, telah terpilih dalam Musyawarah Bunda Pustaka SD Negeri Borong, di Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, Kamis (20 Mei 2022). Terpilih sebagai Ketua Bunda Pustaka adalah Mulyati Husain (Bunda Eki), Sekretaris, Andi Ike (Bunda Icha), dan Bendahara, Nurlela (Bunda Asraf).

Sebagai ketua terpilih, Bunda Eki, menyampaikan harapannya, semoga pengurus yang baru, ke depan bisa lebih baik lagi. Dia optimis akan lahir Bunda Pustaka lain, dan menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya.

“Saya sampaikan pentingnya kekompakan Bunda Pustaka, tanpa melihat status pengurus atau tidak. Juga tetap bekerja sama dalam menjalankan program-program selanjutnya,” ujarnya.

Bunda Icha menambahkan, dalam musyawarah itu, pemilihan ketua, sekretaris dan bendahara dilakukan melalui mekanisme suara terbanyak (voting).

Setelah itu dilakukan pemilihan koordinator untuk 3 bidang. Yaitu, Bidang Pengembangan Layanan Perpustakaan, terpilih sebagai koordinator adalah Bunda Zahira, Bidang Peningkatan Kegemaran Membaca, koordinatornya Bunda Rahmat, sedangkan Bidang Publikasi dan Jejaring, koordinatornya Bunda Nadia.

Setiap koordinator yang terpilih, diminta untuk memilih anggotanya masing-masing, guna melengkapi kepengurusan pada periode ini. Tentu saja, masing-masing bidang akan mengajak orang tua siswa, khususnya perwakilan kelas, yang punya kepedulian dalam memajukan perpustakaan.

Juga yang mau terlibat dalam meningkatkan budaya kegemaran membaca, guna memperkuat gerakan literasi sekolah. Dan, yang pasti, mereka yang bisa diajak bekerja sama.

“Untuk pelantikan pengurus baru, waktunya masih kami rembukkan. Insya Allah dalam waktu dekat,” lanjut Bunda Icha, yang dalam periode sebelumnya merupakan admin dari akun medsos Bunda Pustaka, karena berada di Bidang Publikasi dan Jejaring itu.

Musyawarah Bunda Pustaka ini dipimpin oleh Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, Saparuddin Numa, S.I.P. Musyawarah dilakukan karena kepengurusan Bunda Pustaka, periode 2021-2022, sudah demisioner, sejak April 2022.

Hadir dalam Musyawarah Bunda Pustaka, selain kepala perpustakaan, juga Nurhayati, S.Pd.I, guru PAI SD Negeri Borong, dan pengurus Bunda Pustaka, periode 2021-2022.

Dian Friani, Ketua Bunda Pustaka, periode pertama, mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang sudah membersamainya selama setahun, 2021-2022. Dia berharap semoga pengurus baru yang terpilih lebih baik lagi untuk memajukan perpustakaan dan organisasi.

Pandangan, evaluasi dan usulan sempat dilontarkan oleh beberapa pengurus sebelum pemilihan pengurus baru dilakukan. Bunda Icha mengusulkan perlu ada channel Youtube, karena selama ini baru ada akun Instagram dan Facebook.

Sementara Bunda Eki meminta kepengurusan baru lebih terbuka sepanjang itu bermanfaat bagi organisasi. Sebagai pengurus, katanya, mesti siap menerima kritikan. Dia juga menyampaikan soal pendanaan kegiatan, yang perlu dicarikan solusinya, demi kemajuan Bunda Pustaka. Tahun lalu, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui penjualan kalender.

Saparuddin menilai, periode pertama Bunda Pustaka sudah berjalan sesuai harapan meski ada riak-riak kecil, tapi itu bagian dari dinamika organisasi. Menurutnya, tahun ini, peran dan tanggung jawab Bunda Pustaka, dan orang tua siswa pada umumnya akan semakin besar. Karena diharapkan partisipasinya, mengingat sekolah akan diakreditasi. (Ril)

Editor : Jesi Heny

Tim Supervisi Polres Gowa Laksanakan Supervisi Tahap 1 Perencanaan dan Pengorganisasian

0

GOWA, EDELWEISNEWS.COM -Polres Gowa menggelar Supervisi tahap I T.A 2022 ke Polsek dan jajarannya, yang dipusatkan di Polsek Bajeng. Ini dalam rangka mengetahui segala perencanaan dan pengorganisasian kesatuan, guna mengetahui sejauh mana jajaran Polres Gowa menindak lanjuti setiap perintah pimpinan Polri dalam pelaksanaan tugas kepolisian.

Kegiatan supervisi, monitoring dan pengawasan ini dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Gowa Kompol Erra Suryaningtyastuti SSI, S.IK selaku Ketua Tim, dan didampingi Kasiwas IPDA Kamaruddin, SH selaku Wakil Ketua Tim, Jumat (20/5/22) pagi tadi di Polsek Bajeng.

Hadir dalam kegiatan supervisi tersebut para Kapolsek, Kasium, Kanit, Panit dan Polsubsektor dataran rendah, termasuk Kapolsek Somba Opu AKP Ismail S.Sos, MH, bersama anggotanya.

Kabag SDM Polres g

Gowa Kompol Erra Suryaningtyastuti mengatakan, supervisi tersebut akan mampu mengetahui berbagai kendala yang dihadapi oleh jajaran dalam pelaksanaan tugas, hingga jadi bahan evaluasi perbaikan secara konsisten dan berkesinambungan.

”Supervisi ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan serta monitoring tentang pelaksanaan tugas pokok, perencanaan dan pengorganisasian, sesuai program kerja Kapolri untuk mewujudkan Kepolisian RI yang Produktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan (Presisi),” terang Kompol Erra.

Dalam kegiatan tersebut, tim supervisi dari Polres Gowa melaksanakan pengecekan administrasi seluruh jajaran polsek dataran rendah yang dipusatkan di Polsek Bajeng, termasuk penjelasan mengenai penggunaan Aplikasi SiSDM, Aplikasi Propam Presisi, Perawatan Randis, Senpi, Perawatan Rumdis, Hak Cuti bagi anggota, dan Pencapaian Kinerja serta pelaksanaan vaksin bagi anggota dan warga masyarakat dalam mendukung program pemerintah.

“Pelaksanaan supervisi ini bertujuan untuk memonitor secara langsung hasil pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian kinerja serta memberikan saran tindakan terhadap penyimpangan yang ditemukan,” jelasnya.

Penekanan terakhir ketua tim yakni, jaga dan rawat Randis serta barang inventaris dengan baik, guna kepentingan operasional selanjutnya,” tutup Kompol Erra.

Sumber : Humas Somba

Editor : Jesi Heny

Jelang Idul Qurban, Pemkot Makassar Gelar Rakor Antisipasi Masuknya PMK

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Jelang Hari Raya Idul Adha yang juga dikenal dengan Hari Raya Idul Qurban, Sekretariat Daerah Kota Makassar mengadakan Rapat Koordinasi Kewaspadaan Mengantisipasi Masuknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Makassar, Kamis (19/5/2022).

Dalam penjelasannya, dokter hewan Agung PJ Wahyuda  selaku pembicara menegaskan, PMK tidak menular atau mempengaruhi kesehatan  manusia, meski demikian PMK sangat  berpotensi menimbulkan kerugian  ekonomi kepada manusia. Sebab jika terjadi penularan, maka tentunya akan mempengaruhi produktivitas peternak dan pedagang hewan termasuk hewan qurban. 

Sebagai imbauan agar dilakukan peningkatan kewaspadaan terhadap PMK, maka Walikota Makassar mengeluarkan Surat  Edaran, No. 524.1/187/S.Edar/Dp2/V/2022. 

Dari tujuh poin yang tercantum dalam Surat Edaran tersebut, diantaranya mengandung imbauan agar dilakukan pengetatan dalam pengawasan lalu lintas ternak (sapi, kerbau dan kambing), dan produknya (daging, susu,  serta semen beku dan cair) yang masuk ke kota Makassar, dengan memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)  dari daerah asal. 

Perlu pula dilakukan peningkatan Komunikasi, Informasi dan  Edukasi (KIE) kepada masyarakat dan peternak untuk mengandangkan ternak yang dipelihara, meningkatkan sanitasi kandang, dan melaporkan kejadian yang dicurigai PKM. 

Sementara itu, untuk memudahkan pengawasan pemotongan atau penyembelihan hewan, maka tidak dibenarkan melakukan penyembelihan hewan ternak di luar Rumah Potong Hewan (RPH) Manggala milik Pemerintah Kota Makassar. 

Para peserta rapat yang hadir berasal dari berbagai stakeholder termasuk Polrestabes,  Kodim 1408 Makassar,  Polair aktif menyampaikan pendapat terkait kerjasama dalam kewaspadaan terhadap PMK. (Suk)

Editor : Anisah

Lima Tahun Makassar Bekerjasama dengan Proyek BHC, Ini Tujuannya

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Selama lima tahun Kota Makassar telah bekerjasama dengan proyek Building Healthy Cities (BHC) yang didanai oleh USAID, JSI dan diimplementasikan oleh IOM di Kota Makassar.

Proyek ini bertujuan untuk memfokuskan kembali kebijakan, perencanaan dan layanan kota dengan pola pikir kesetaraan kesehatan meningkatkan pengambilan keputusan berdasarkan data.

“Kita tentu patut berbangga, Kota Makassar menjadi satu-satunya kota di Indonesia, dimana inisiatif BHC ini dilaksanakan bersama smart city lainnya di India, Vietnam dan Nepal,” ucap Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto saat membuka kegiatan konferensi Smart and Healthy City Kota Makassar serta launching Aplikasi Sehatmi, di Hotel The Rinra, Rabu (18/5/2022).

Kata Danny, itulah mengapa platform aplikasi “sehatmi” diciptakan, karena upaya ini bisa terintegrasi dan juga SDM yang terlatih dapat meningkatkan kualitas, akses dan ketetapan waktu data, sehingga mendorong proses perencanaan yang efektif.

Aplikasi ini terintegrasi data agregat lintas sektor, yang memuat sekitar 170 indikator kota sehat dari SKPD yang berbeda, dan 12 data agregat indikator SPM kesehatan.

“Diciptakannya aplikasi ini, karena sifatnya open source dan dapat ditambahkan aplikasi serta kategori lainnya. Saat ini kan kita mengembangkan kota metaverse. Saya pikir kesehatan bisa maju selangkah dengan metaverse,” paparnya.

Sementara, Usaid Health Office Deputy Director, Darly Martyris yang mengikuti konferensi ini via zoom mengatakan pihaknya tidak menyangka jika proyek ini sudah berjalan hingga lima tahun lamanya.

Ia berterima kasih kepada Danny karena telah mendukung dan menyamakan visi misinya untuk membangun Kota Makassar menjadi Kota yang lebih sehat dan cerdas.

“Kami memetakan bersama program seperti program lorong sehat hingga program NTPD 112 yang menampung semua keluhan masyarakat Makassar,” ujarnya.

Ia pun berharap kedepannya kerjasama ini akan terus berlanjut dan membuat Kota Makassar menjadi lebih baik lagi.

“Pihak kami semua disini selalu berharap kota Makassar menjadi lebih baik. Kami akan selalu menunggu kabar-kabar baik tentang kota sehat dari Kota Makassar,” harapnya. (Yat)

Editor : Jesi Heny

Pangdam XIV/Hasanuddin Selaku Pangkogaspad PAM VVIP Pimpin Pengamanan Kunker Wapres RI di Kendari

0

KENDARI, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH, selaku Pangkogaspad Pam VVIP, memimpin langsung pengamanan kunjungan kerja ( kunker) Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) K.H. Makruf Amin dan rombongan, ke wilayah Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Desa Motui, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (19/5/2022).

Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwantoro, SH, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kunker Wakil Presiden RI di wilayah Korem 143/HO Kendari Sulawesi Tenggara dijadwalkan selama dua hari, sejak tanggal 19-20 Mei 2022.

“Di hari pertama, Wakil Presiden RI melakukan peletakan batu pertama pembangunan PT. Nusantara Industri Sejahtera (NIS) di Desa Motui, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara. Selain itu, juga memberikan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) berupa Jaminan Sosial dan Santripreneur di Sentra Mechai Kendari, Jl Panjaitan Kota Kendari,” terang Kapendam XIV Hasanuddin.

“Keesokan harinya yakni tanggal 20 Mei 2022, Wakil Presiden RI dan rombongan langsung akan bertolak kembali ke Jakarta,” sambungnya.

Untuk diketahui, Pangdam XIV/Hasanuddin selaku Pangkogasgabpad PAM VVIP di wilayah, bertugas mengamankan pejabat Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarga, serta tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan beserta keluarga mereka yang berkunjung di wilayah kotama yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam melaksanakan sebuah operasi pengamanan VVIP terkait kunjungan kerja Presiden maupun Wapres, Pangdam selaku Pangkogasgabpad melaksanakan koordinasi dengan unsur TNI, Polri serta satuan/ instansi terpadu lainnya, guna terciptanya stabilitas keamanan yang steril dari segala ancaman.

Secara umum terdapat tiga lapis keamanan dalam sebuah operasi pengamanan VVIP Presiden dan Wapres. Dimana lapis keamanan ke 1 (Ring 1), Paspampres bertanggungjawab penuh terhadap pengamanan terdalam yang berada paling dekat dengan VVIP.

Lapis keamanan kedua dan ketiga (Ring 2 dan Ring 3) dilakukan oleh unsur TNI, Polri dan satuan terpadu lainnya yang berwenang di suatu wilayah tersebut.

Tampak hadir Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto, Danrem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya, SE, Kabinda Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, S.Sos, dan para unsur Forkopimda Propinsi/Kabupaten dan Kota Kendari, serta pejabat TNI Polri di wilayah Sulawesi Tenggara.

Penulis : Edy

Editor : Jesi Heny

Kehadiran Satupena Sulawesi Selatan Mesti Bermakna bagi Gerakan Literasi

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Sebagai organisasi baru, kehadiran Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Sulawesi Selatan mesti bisa memberi makna bagi profesi kepenulisan dan gerakan literasi di daerah ini. Mereka tak harus larut dan terbawa arus budaya digital, tapi bisa memberi warna dan pembeda atas fenomena yang ada. Supaya bisa memberi arah, panduan dan kompas bagi kemajuan peradaban.

Begitu sari pati pertemuan sejumlah penulis, penyair, sastrawan, akademisi, penggiat literasi dan pekerja seni yang tergabung dalam Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Sulawesi Selatan, Minggu (15 Mei 2022). Pertemuan pagi itu berlangsung santai di Roemah Lamdoek, Jalan Lamadukelleng, Makassar. Di depan peserta kopi hangat, pisang dan ubi goreng terhidang.

Koordinator Satupena Sulawesi Selatan, Rusdin Tompo, memulai pertemuan dengan menyampaikan mandat yang diberikan Ketua Umum Pengurus Pusat, Denny JA. Disampaikan, berdasarkan amanah itu, Koordinator Satupena di setiap provinsi diminta membentuk grup WhatsApp dengan 100 anggota, kemudian mengadakan deklarasi. Selanjutnya, Satupena di setiap provinsi menggelar acara Buku dan Musik di kafe atau kedai kopi.

“Alhamdulillah, Satupena Sulawesi Selatan, sudah punya grup WA dengan 105 anggota. Tinggal nanti kita deklarasi, setelah terbentuk pengurus,” terang penulis buku yang belakangan aktif memberikan penguatan bagi Sekolah Ramah Anak itu.

Terkait dengan itu, lanjutnya, ada dua agenda yang akan dibicarakan, yakni menyusun struktur kepengurusan dan menetapkan hari pelaksanaan deklarasi Satupena Sulawesi Selatan. Dia lalu menyampaikan soal bentuk organisasi yang dibayangannya tidak terlalu gemuk, biar lebih dinamis, dan produktif. Apalagi pengurus pusat memberi keleluasaan membentuk organisasi sesuai kebutuhan daerah.

“Di luar AD/ART dan SK yang jadi rujukan, pengurus juga dimungkinkan untuk berkreasi. Semua boleh kecuali yang dilarang,” ucap Rusdin Tompo, meniru pesan Denny JA dalam grup Pengurus Daerah Satupena.

Dr Fadli Andi Natsif, akademisi, dan Hardodi, SH, MH, praktisi hukum, yang hadir dalam pertemuan, mengingatkan agar Satupena Sulawesi Selatan tetap berpedoman pada mandat yang diberikan. Itulah mengapa istilah yang digunakan adalah “koordinator” bukan ketua.

Peserta yang hadir kemudian membahas kepengurusan Satupena Sulawesi Selatan, termasuk divisi-divisinya. Disepakati, kepengurusan Satupena Sulawesi Selatan, periode 2022-2027, terdiri dari satu orang koordinator, satu sekretaris, dan satu bendahara.

Koordinator didampingi 5 wakil koordinator, yang membawahi masing-masing divisi. Ada 5 divisi di Satupena Sulsel, yaitu Divisi Penulisan dan Penerbitan, dengan tugas antara lain mendorong kegiatan penulisan dan penerbitan, melakukan peningkatan kapasitan penulisan melalui pelatihan dll.

Juga ada Divisi Diskusi dan Pertunjukan, dengan tugas antara lain bikin kegiatan diskusi, seminar, pertunjukan literasi, secara off air maupun daring. Divisi Produk Kreatif dan Media Digital, tugasnya antara lain mengelola akun medsos, portal, membuat produk merchandise sebagai bagian dari fundrising, dll. Divisi Jejaring dan Hubungan Masyarakat, yang menjalankan kegiatan kerjasama, pemberitaan, dll, serta Divisi Advokasi Gerakan Literasi.

“Divisi Advokasi Gerakan Literasi ini bagian dari social movement,” imbuh Dr Adi Suryadi Culla, yang merupakan Ketua Dewan Pendidikan Sulsel.

Divisi ini diharapkan akan jadi motor bagi Satupena Sulawesi Selatan mewujudkan Kota Literasi. Mereka yang hadir optimis bisa mendorong lahirnya Perda terkait Kota Literasi karena beberapa orang punya pengalaman sebagai legal drafter.

Setiap kegiatan akan ditangani oleh 2-3 divisi, karena program yang ada saling beririsan. Spirit sinergitas dan kolaborasi akan jadi semangat dalam mengembangkan organisasi.

Mereka yang hadir juga menyadari tantangan dan peluang era digital. Sehingga dipandang perlu membuat program yang menyasar segmen milenial dan Gen Z, dengan memanfaatkan beragam platform digital. Mereka bertekad, setiap tahun ada buku yang ditelorkan Satupena Sulsel. (Ril)

Editor : Jesi Heny