Beranda blog

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Hari Ini Hoaks

0

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Beredar video aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan, dengan menarasikan bahwa demonstrasi tersebut dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (24 Juli 2021).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan bahwa video yang menyatakan bahwa kerusuhan demo tersebut pada hari ini adalah hoaks atau informasi palsu.

“Itu video hoaks. Faktanya adalah demonstrasi itu merupakan peristiwa lama, saat demonstrasi tolak omnibus law ciptaker di Jakarta pada 8 Oktober 2020,” kata Argo kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Argo mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi palsu yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Masyarakat jangan mudah termakan hoaks. Saring before sharing,” ujar Argo.

Menurut Argo, sampai dengan saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) berjalan aman, damai dan kondusif. Tidak ada demonstrasi yang berjalan pada hari ini.

“Situasi aman dan kondusif. Tidak ada gangguan yang berarti,” tutup Argo. (Rilis)

TNI-Polri Back Up Operasi Yustisi PPKM Berskala Mikro di Kecamatan Somba Opu

0

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Surat Edaran Bupati Gowa berisi tentang perpanjangan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai tanggal 25 Juli 2021. Memback up surat edaran tersebut, tim yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Gowa yang melibatkan TNI-Polri, malam ini tetap gencar melakukan operasi yustisi.

Khusus Tim 3 yang dipimpin oleh Kajari Gowa Yeni Andriani, SH, MH, yang di dampingi Danramil Somba Opu Kapten INF. Syaiful bersama anggotanya bergerak secara hunting / mobile disepanjang rute patroli yang akan dilewati, Jumat (23/7/2021) pukul 21.00 Wita.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungguminasa Aiptu Syamsuddin dan Kelurahan Tombolo Aipda Usman bersama unsur TNI yang tergabung dalam Tim 3 ikut membantu sekaligus membackup jalannya giat yustisi.

Adapun sasaran dalam kegiatan yustisi PPKM Skala Mikro ini adalah warung, resto dan kafe yang masih buka diatas jam yang sudah ditentukan, berdasarkan kriteria dalam isi surat edaran Bupati Gowa.

Saat pelaksanaan patroli yustisi masih banyak ditemukan para pelaku usaha main kucing-kucingan, baik resto, warung makan maupun kafe dan lainnya. Mereka tidak mengindahkan kebijakan pemerintah, dengan tetap membuka pelayanan diluar jam ketentuan operasional yang sudah disampaikan melalui surat edaran Bupati Gowa.

Beberapa pelaku usaha yang ditemukan melanggar diberikan teguran keras secara lisan maupun tertulisz serta menutup dan membubarkannya dengan alasan yang sangat mendasar. Yakni tidak mengindahkan aturan, serta melanggar Prokes 5M yang rentan menimbulkan penyebaran dan penularan virus covid-19 serta mengganggu Kamtibmas.

Kafe/warkop dan warung sari laut yang mendapat teguran keras tutup di tempat, dan diberi sanksi tertulis oleh tim 3. Diantaranya Warkop Mou Ca Caffe Jl. Tun Abdul Razak Kel. Tombolo, Warkop Gallery Coffe 29 Jl. Karaeng Makkawari Kel. Samata, Warkop Start Jl. Agussalim Kel. Bonto-bontoa, Warkop dekat Sekretariat Pemuda Pancasila Jl. Abdul Muthalib Dg Narang Kel Tombolo, Warung Sari Laut Bundaran Samata Jl. Hertasning dan beberapa warung sari laut yang ada di Jl. Andi Tonro Kel Paccinongang.

Dari sekian warkop atau kafe yang disasar, satu diantaranya menjadi atensi dan perhatian khusus, yaitu warkop yang berdekatan dengan Kantor Sekretariat Pemuda Pancasila di Jl. Abdul Muthalib Dg Narang Kel Tombolo. Warkop tersebut jadi tempat kumpulnya anak remaja yang rawan dijadikan tempat nyabu atau konsumsi barang haram lainnya. Karena saat dilakukan penyasaran, dalam warkop ditemukan beberapa botol kosong minuman keras habis dikonsumsi dan pembungkus obat-obatan daftar G serta 1 (satu)
senjata tajam jenis badik.

Kegiatan berakhir sekitar pukul 23.20 Wita dan berjalan aman dan lancar.

“Sebelumnya dilaksanakan apel konsolidasi oleh ketua tim dan menganev hasil giat terkait temuan beberapa warkop/kafe yang melanggar PPKM, sesuai surat edaran Bupati Gowa,” ungkap Kajari Yeni Andriani.

Sumber : Humas Somba

Editor : Jesi Heny

Sekprov Sulsel : Penyaluran Bantuan Sosial Memiliki Jalur Masing -masing

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani menuturkan, untuk bantuan sosial (Bansos) ada tiga macam. Pertama, Program Keluarga Harapan (PKH), kedua Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Hal ini disampaikan Sekprov Sulsel Saat Mewakili Plt Gubernur Sulsel, hadir di Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) serta penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Jumat (23/7/2021). 

Sekprov Sulsel mengatakan, untuk penyaluran Bansos itu mempunyai jalur masing-masing.

“Penyaluran bantuan ini masing-masing punya jalur. Ada langsung dari Kementerian Sosial, ada juga yang cantolannya di Dinas Sosial,” katanya.

Ia menyebutkan, untuk pemulihan ekonomi, ada empat dinas yang memiliki peran secara langsung.

“Pemulihan ekonomi ada empat dinas yang memiliki peran langsung yakni Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Koperasi,” sebutnya.

Lebih jauh Abdul Hayat mengaku, hasil dari Rakor ini akan diadakan pertemuan lanjutan bersama dengan seluruh pemerintah kabupaten kota se-Sulsel untuk membahas skema PC-PEN dan Bansos tersebut. 

“Kita akan melakukan pertemuan dengan seluruh bupati dan walikota untuk membahas bersama-sama, meskipun dengan cara virtual agar kita sama-sama menjalankan apa yang menjadi instruksi dari Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo,” pungkasnya.

Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si menjelaskan, kegiatan Rakor ini merupakan program pemerintah pusat yang diminta langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo, untuk diterapkan di tingkat provinsi sampai ke kabupaten kota se-Sulsel. 

“Berdasarkan perintah dari Bapak Presiden RI, Kapolri diperintahkan untuk rapat koordinasi dengan gubernur, sama dengan Kejaksaan Agung, mendapatkan perintah dari Presiden untuk membahas soal PC-PEN dan penyaluran dana bantuan sosial,” ungkap Merdisyam dalam sambutan singkatnya. 

Sementara itu, Kajati Sulsel, Raden Febritryanto mengatakan Rakor ini merupakan langkah untuk penanganan Covid-19 dan bagaimana penyaluran Bansos. Pihaknya siap berkolaborasi untuk konsultasi, kalau dianggap ada kendala soal hukum. 

“Kalau ada hambatan, nanti kita sama-sama kerja dan konsultasikan ke kami. Tidak perlu khawatir yang berlebihan, yang penting kita pakai anggaran, dan tidak semua harus didiskusikan sama kami. Yang bisa dilakukan, langsung saja dieksekusi,” ungkapnya. (hmsprov)

Walikota Danny Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2021 Secara Virtual

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli diperingati serentak oleh pemerintah, baik pemerintah tingkat pusat maupun pemerintah daerah.

Tema HAN tahun 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan pesan utama “Anak Peduli di Masa Pandemi”. 

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto bersama Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia, menghadiri HAN melalui virtual, yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Di hadapan anak-anak yang tergabung dalam forum anak-anak di seluruh Indonesia, Presiden Jokowi berpesan, untuk bersabar karena dalam situasi pandemi Covid 19, tentunya setiap anak sudah tidak sabar ingin belajar di sekolah, bertemu dan bermain bersama teman-teman atau jalan-jalan dengan keluarganya.

“Sejak bulan Maret tahun lalu, kita mengalami pandemi virus corona, selama pandemi anak-anak sering di rumah tidak ke sekolah dan tidak bepergian. Tentunya rindu ketemu dengan teman-temannya,” ucapnya.

Menurut Jokowi, rencananya bulan Juli sekolah tatap muka dimulai, namun karena Corona naik lagi, rencana itu dibatalkan menunggu situasi pandemi ini trennya menurun.

“Untuk itu kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kalau turun, kita belajar tatap muka. Anak-anakku harus tetap semangat belajar, meskipun secara daring dari rumah,” pesan Jokowi di hadapan forum anak Indonesia. 

Sama halnya apa yang disampaikan Presiden Jokowi, Walikota Danny berharap anak-anak di Kota Makassar harus mempunyai semangat tinggi untuk belajar di masa pandemi seperti ini.

“Ini adalah momentum bagi kita memprioritaskan hak bagi anak-anak dengan memperhatikan hak-hak dasar mereka, seperti hak hidup tumbuh berkembang, mendapat perlindungan dan hak untuk berpartisipasi,” terangnya.

Turut mendampingi Walikota Danny dalam peringatan puncak HAN 2021 via zoom ini Kadis PPPA Makassar, Tenri Palallo, serta Plt Asisten lll Sri Susilawati. (hms)

Walikota Makassar Akan Mengulangi Kerjasama SDM Bersama Singapore Cooperation Enterprise

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kota Makassar bersama Singapore Cooperation Enterprise (SCE ) akan mengulang kerjasama bidang Capacity Building, yakni peningkatan Sumber Daya Manusia.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan yang digelar  secara virtual, antara Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto bersama manajemen SCE.

Walikota mengatakan, peningkatan sumber daya manusia bagi aparatur sipil negara dipandang sangat perlu untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Sumber Daya Manusia di pemerintahan daerah.

“Ini adalah moment yang sangat bagus, apalagi tahun 2014 kita pernah laksanakan pelatihan ASN bersama SEC dan tahun ini kita akan ulang kembali,” kata Danny.

Untuk merealisasikan kerjasama tersebut, Pemerintah Kota Makassar telah menyerahkan proposal kepada pihak Komisaris SEC .

Dari proposal yang sudah diajukan, kata Danny, sejauh ini tidak banyak yang dikoreksi oleh SEC sehingga  Pemkot mempersiapkan dokumen kerjasamanya.

“Harapan kita pihak SEC setuju dengan proposal dan tidak banyak dikoreksi, rencananya kita buat tahun depan pada bulan September, karena saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid 19,” jelas Danny. (hms)

Satpol PP Makassar Bagikan Paket Bahan Pokok kepada Pedagang Kaki Lima

0

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar mendistribusikan paket bahan pokok bagi warga yang terdampak pada perekonomiannya  akibat pandemi Covid -19.

Satpol PP Kota Makassar yang bertugas di kecamatan membagikan langsung paket bantuan bahan pokok kepada pedagang kaki lima di 14 kecamatan.

Sekretaris Satpol PP Kota Makassar Muh. Iqbal Asnan mengatakan, paket bahan pokok berasal dari bantuan  seorang dermawan yang ingin berbagi.

“Paket ini kami distribusikan melalui  Satpol PP yang bertugas di kecamatan, karena satpol PP kecamatan paham sekali dengan wilayah teritorialnya, sehingga paket bantuan bahan pokok yang bagikan dipastikan sampai kepada orang yang tepat dan layak,” kata M. Iqbal. Jumat malam (22/7/2021).

Adapun bantuan bahan pokok berjumlah 700 paket, yang masing masing berisi beras, gula pasir, indomie, dan minyak goreng.

Untuk itu, M Iqbal mengimbau jika ada dermawan yang ingin berbagi kepada masyarakat pihaknya akan siap membantu mendistribusikan.

“Kami mencoba membantu memikul beban masyarakat dengan mendistribusikan paket sembako,” terang M.Iqbal. (hid)

TNI, Polri dan Instansi Terkait Gowa Gelar Patroli Skala Besar di Tengah Pelaksanaan PPKM

0

GOWA, EDELWEISBEWS.COM – Tim gabungan TNI, Polri dan Satpol PP menggelar apel bersama, dalam rangka pelaksanaan patroli berskala besar, Jumat (23/7/2021) pukul 20.35 Wita. Patroli ini guna memberi rasa aman kepada masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

Pelaksanaan apel bersama tersebut dipimpin langsung Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin. P. SIK, MH dan dihadiri segenap Forkopimda Gowa serta 130 personil gabungan.

Kapolres Gowa dalam arahannya menekankan kepada personil agar mengedepankan sikap humanis, menjaga keselamatan diri dan membawa perlengkapan penerangan, serta membagikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan.

Pasca apel malam, seluruh personil bergerak menggunakan roda enam, roda empat dan roda dua dengan jumlah kendaraan sebanyak 65 unit, kemudian menyasar fasilitas umum yang ada di Kabupaten Gowa, dan berbagai tempat usaha lainnya.

“Malam ini kami patroli gabungan untuk meyakinkan bahwa TNI, Polri dan instansi terkait lainnya akan selalu hadir di tengah masyarakat l, khususnya di tengah pandemi Covid -19. Ini sekaligus dalam rangka penegakan aturan PPKM skala mikro di Kab. Gowa,” jelas Kapolres Gowa AKBP Tri Goffarudin.

Sumber : Humas Polres Gowa

Editor : Jesi Heny

Jaga Kebugaran Tubuh, Personil Polres Gowa Olahraga Bersama

0

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Usai apel pagi, personel Polres Gowa melakukan olahraga bersama di halaman Mapolres, Jumat (23 Juli 2021) pagi.

Kegiatan olahraga pagi sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan pada hari Jumat. Kali ini olah raga diisi dengan senam sehat. Giat dipimpin langsung oleh Kabagsumda Kompol Erra Suryanigtiyastuti yang diikuti oleh personel Polres Gowa.

Olah raga ini sebagai upaya untuk menjaga kebugaran tubuh, sekaligus meningkatkan stamina dan imun setiap personel.

“Dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian, tentu harus ditunjang dengan kondisi tubuh yang sehat dan prima, terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini, “ tutur Kabag.

“Mensana in corporesano artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal tersebut merupakan syarat mutlak setiap anggota Polri dalam mengemban tugas sehari-hari untuk melayani masyarakat. Untuk memperoleh kesehatan jasmani, maka wajib hukumnya setiap orang untuk melaksanakan olahraga secara rutin,” pungkasnya.

Sumbet : Humas Polres Gowa

Editor : Jesi Heny

Polri Imbau Masyarakat Tidak Terhasut Ajakan Aksi Unjuk Rasa Tanggal 24 Juli

0

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengimbau masyarakat tak terhasut dengan ajakan aksi unjuk rasa serentak di media sosial (medsos) pada tanggal 24 Juli 2021. Pasalnya, ajakan itu berpotensi terjadi kerumunan dan akan menambah penularan Covid-19.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan, imbauan tersebut disampaikan karena saat ini jumlah Covid-19 terus melonjak. Dengan adanya demonstrasi, potensi menciptakan kerumunan bakal terjadi, yang nantinya semakin memperburuk laju pertumbuhan virus corona.

“Kami berharap untuk tidak melakukan kerumunan, karena situasi angka covid yang masih tinggi,” kata Argo saat dihubungi, Jumat (23/7/2021).

Jenderal bintang dua itu menyebut, saat situasi seperti ini penyampaian aspirasi bisa dilakukan dengan cara daring. “Bisa dilakukan dengan audiensi atau dilakukan dalam bentuk FGD online,” ujar Argo. 

Dia mengatakan, aparat kepolisian akan melakukan tindakan tegas apabila kegiatan tersebut mengganggu ketertiban umum. “Kalau memang dilakukan, mengganggu ketertiban umum ya kami amankan,” ucap Argo. 

Diketahui, beredar di media sosial mengenai percakapan persiapan aksi serentak yang hendak dilakukan oleh elemen masyarakat sipil di Semarang dan beberapa wilayah lain. 

Disebutkan bahwa aksi tersebut akan dilakukan selama berhari-hari dan tidak membawa suatu identitas golongan ataupun kelompok. (Rilis)

Pangdam Hasanuddin Berkunjung di Kabupaten Selayar

0

SELAYAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/ Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, SH, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Selayar, bertempat Makodim 1415 Selayar, Jumat ( 23/7/2021).

Pada kesempatan tersebut Pangdam disambut Bupati Kepulauan Selayar H.M. Basli Ali bersama unsur Forkopimda serta pejabat TNI Polri Wilayah Kabupaten Selayar. Pertemuan tetap menerapkan protokol kesehatan ( prokes) yang ketat.

Dalam sambutannya Bupati Selayar mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Panglima Kodam Hasanuddin, karena telah berkenan menyempatkan diri mengunjungi Tanah Kepulauan Selayar. Kepulauan Selayar merupakan tempat sektor pariwisata dan juga banyak spot yang wajib dikunjungi.

“Sektor pariwisata salah satunya pulau pasir yang sedang di tata untuk menambah destinasi pariwisata di Kepulauan Selayar,” tambahnya.

“Kami berharap Bapak Pangdam dapat membantu mempromosikan wisata di Kepulauan Selayar, agar masyarakat luar dapat mengetahui bahwa Sulsel ada kawasan Wisata Kepulauan Selayar,” tutup Bupati.

Sementara Pangdam dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati atas sambutannya. Pangdam menuturkan bahwa berkeinginan suatu saat ingin berkunjung ke Selayar.

“Hari ini sudah terjawab dan terpenuhi, karena saya menjadi Pangdam dan Kepulauan Selayar menjadi bagian wilayah teritorial Kodam Hasanuddin,” tuturnya.

“Selain itu, mohon doa restu kepada Forkopimda dalam menjalankan tugas, agar selalu bekerja sama bersinergi dengan stakeholder terkait lainnya, dalam rangka membantu pembangunan pemerintah daerah,” pungkas Pangdam.

Penulis : Edy

Editor : Jesi Heny