Kepala BPBD Makassar : Kekeringan Diatas Normal, Warga Diminta Berhemat Air Bersih

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kemarau panjang berpengaruh terhadap sumber air di Makassar. Hingga sejumlah warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Demikian yang dirasakan warga yang bermukim di utara Kota Makassar. Hal ini sebagai dampak kekeringan akibat cuaca ekstrem atau El Nino. Wilayah utara perkotaan meliputi Kecamatan Biringkanayya, Tallo dan Ujung Pandang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin saat ditemui mengungkapkan, bahwa penyebab kesulitan air seiring tidak terjadi hujan di wilayah tersebut.

Hal itu mengakibatkan sumber mata air warga berkurang sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya.

“Disana itu unik kalau musim hujan kebanjiran, kalau kemarau kekeringan,” ujarnya saat ditemui di Hotel Rinra, Kamis (3/8/2023).

Dia menjelaskan puncak kekeringan tahun ini diprediksi oleh BMKG terjadi mulai bulan Agustus ini. Olehnya dia mengimbau warga untuk mulai berhemat air bersih.

“Ini kekeringan di atas normal, dampak el nino dan telah diprediksi BMKG. Ini kita antisipasi karena puncaknya di Agustus ini,” jelasnya.

Pemerintah sejauh ini telah mengirimkan bantuan air ke wilayah terdampak kekeringan. Seperti dengan mengerahkan mobil tangki dari PDAM dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Damkar dibantu 5 mobil tangki dan PDAM 15 unit. Ada memang beberapa wilayah di utara kota, jangankan kemarau, cuaca normal saja mereka mengalami kekeringan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more
Makassar SULSEL

Puluhan Booth UMKM Meriahkan Peringatan Harvesting BBI/BBWI dan HUT Sulsel di Anjungan City of Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM. – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan melaksanakan peringatan Harvesting Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Produk Dalam Negeri (PDN), di Anjungan City of Makassar, Kota Makassar, tanggal 16-19 Oktober 2024. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Since Erna Lamba mengatakan, puluhan booth atau tenant […]

Read more
Makassar SULSEL

Kadis PU Makassar Dampingi Pjs Wali Kota Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum di Kecamatan Tallo

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mendampingi Pjs Walikota Andi Arwin Azis dalam peresmian dan penyerahan pengelolaan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), berupa jaringan perpipaan Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo. Kamis (17/10/2024). Pada kesempatan ini, Dinas PU juga turut mengundang para pejabat yakni camat, lurah, […]

Read more