Benarkah Minum Susu Secara Rutin Bisa Menjaga Kesehatan Tulang? Ini Faktanya

Must read

JAKARTA, EDELWEISNEW.COM – Susu dipercaya bisa memperkuat tulang bila diminum secara rutin. Faktanya, mengkonsumsi susu secara berlebihan bisa merusak kesehatan tulang.   Susu merupakan sumber kalsium terkonsentrsi yang memang berfungsi memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.  Akan tetapi, terlalu banyak minum susu ternyata justru memperburuk kesehatan tulang kita.  Menurut peneliti dan ahli diet Gail Cresci, minum susu memang baik untuk kesehatan tulang, tetapi terlalu banyak meminumnya juga bisa berdampak buruk. 

Hal ini juga dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan di Swedia. Riset tersebut membuktikan minum susu lebih dari tiga gelas sehari bisa meningkatkan risiko kematian dan patah tulang.  Riset tersebut juga membuktikan wanita yang meminum tiga gelas susu atau lebih setiap hari berisiko lebih tinggi mengalami kematian daripada wanita yang minum kurang dari satu gelas susu setiap hari.  Akan tetapi, peneliti tidak melihat efek yang sama di kalangan pria, tetapi mereka yang minum tiga gelas susu atau lebih setiap hari masih menunjukkan peningkatan angka kematian yang signifikan. 

Studi terpisah juga melaporkan bahwa konsumsi susu dan produk susu yang lebih tinggi tidak serta merta menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.  Menurut peneliti susu memang makanan yang kaya kalsium. Namun, ada zat lain dalam susu yang tidak bisa dikonsumsi berlebihan. 

Bukti dari penelitian tersebut tidak serta merta membuat kita harus berhenti minum susu.  Pasalnya, susu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu melindungi dari penyakit kronis.  Vitamin D dan makanan yang mengandung kalsium adalah kunci tulang yang kuat. 

“Kalsium memang membantu menjaga kesehatan tulang. Namun, tubuh juga memerlukan vitamin D,” ucap Cresci.  Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium serta mempertahankan tingkat kalsium dan fosfat yang dalam darah sehingga membantu mencukupi kebutuhan mineral tulang.  Tanpa vitamin D yang cukup, massa tulang bisa berkurang dan mudah rapuh.  Kekurangan vitamin D juga mencegah pembentukan tulang baru yang kuat dapat dicegah. Vitamin D juga melindungi kita dari osteoporosis.

Meskipun susu mengandung 300 miligram kalsium per cangkir, ada banyak sumber makanan lain yang diperlukan oleh tubuh.  Jadi, pastikan kita mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup dengan mengonsumsi keju, yogurt, sayuran hijau (sawi, kangkung), kedelai,brokoli, jeruk, sarden, dan salmon.

 “Jika Anda ingin minum susu untuk memperkuat tulang, saya sarankan untuk meminumnya tidak lebih dari satu gelas sehari,” kata Cresci.  Cresci juga menyarankan untuk mengonsumsi aneka makanan yang kaya kalsium, jangan hanya mengandalkan asupan kalsium dari susu saja. (Kon)

Editor : Anisah

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article