Berbagai Manfaat Seledri untuk Kesehatan

0
265

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Seledri merupakan salah satu bahan yang biasanya menjadi pelengkap masakan. Biasanya dia ditemukan di sayur sop, salad, atau dalam bahan campuran untuk gorengan. Siapa sangka, ternyata seledri yang hanya menjadi pelengkap itu ternyata berkhasiat.

Lalu, apa sajakah manfaat dari seledri? Berikut ini beberapa manfaat yang ditemukan dari seledri, seperti melansir laman Magforwomen, Selasa (26/1/2021).

1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Ketika Anda selesai berolahraga, jus seledri merupakan minuman yang cocok untuk dikonsumsi, karena dapat menggantikan elektrolit yang hilang karena mengandung banyak kalium dan natrium.

Selain itu, juga dapat menghidrasi tubuh terlebih ketika Anda selesai berolahraga yang akan kehilangan banyak cairan. Secangkir jus seledri juga mengandung mineral yang dapat membantu mengisi kembali kekuatan Anda.

2. Memiliki senyawa antikanker

Ternyata seledri juga memiliki senyawa antikanker. Jus seledri dinilai mampu mencegah kanker kulit, lidah, kerongkongan, hati, dan usus besar.

Selain itu, seledri juga memiliki kumarin yang telah terbukti mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel, memiliki efek anti-koagulan, dan meningkatkan aktivitas sel darah putih yang tentunya dapat mencegah kanker.

3. Mengandung asam asetilenat dan fenolik

Selain dapat mencegah kanker, kandungan asam asetilenat dan fenolik dalam seledri juga ternyata dinilai mampu mencegah pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh.

Kandungan tersebut dapat memblokir aksi prostaglandin yang merupakan penyebab utama perkembangan dan pertumbuhan sel tumor.


4. Membantu menurunkan tekanan darah
Seledri juga mengandung Phtalides yang merupakan sekelompok senyawa berfungsi untuk membantu mengendurkan otot di dalam dan sekitar arteri.

Hal itu berarti seledri dinilai mampu membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa minum secangkir jus atau rebusan daun seledri setiap hari untuk mengurangi tekanan daran dan menjaga agar tetap terkendali.

5. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Selain mampu menurunkan tekanan darah, seledri juga bisa untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Jus atau rebusan seledri dapat membantu meningkatkan sekresi empedu dalam tubuh.

6. Meringankan rematik

Salah satu bahan kimia yang ditemukan dalam seledri, seperti poliasetilen dan luteolin dinilai mampu meringankan rasa sakit akibat nyeri artritis atau rematik.

Jika Anda nyeri pada bagian sendi yang disebabkan oleh rematik atau artritis, coba minumlah secangkir jus atau rebusan seledri secara rutin karena akan membantu mengurangi rasa sakitnya.

7. Meningkatkan gairah seks

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata seledri juga dianggap sebagai afrodisiak alami. Itu artinya membantu energi dalam tubuh Anda sehingga dapat meningkatkan gairah seks. Selain itu, seledri juga merupakan obat untuk para insomnia.

Sumber : Liputan6.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini