Camilan Terbaik buat Turunkan Berat Badan

0
273

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM – Siapa sangka Anda membutuhkan camilan untuk menurunkan berat badan. “Ngemil adalah kesempatan untuk memberi makan tubuh Anda di antara waktu makan,” kata ahli gizi Rania Batayneh, dilansir dari Health.

Camilan sehat memastikan Anda tidak akan lapar saat makan dan menjaga metabolisme pembakaran lemak tetap aktif.

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, ada beberapa camilan pilihan yang disetujui ahli gizi sebagai camilan, baik membuatnya sendiri atau membelinya di toko. Selamat melakukan diet sehat yang menyenangkan.

1. Greek yoghurt dengan raspberry dan madu

Trio kombinasi ini sangat memanjakan Anda dengan manisnya, kelembutannya dan efek mengenyangkannya. Kombinasi serat, lemak sehat, dan protein pasti akan membantu Anda mengatasi lapar pukul 3 sore.

Ditambah vitamin C dalam raspberry, yang menurut penelitian dalam Journal of American College of Nutrition, meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam membakar lemak.

Dengan mencampurkan secangkir Greek yoghurt Yunani, secangkir raspberry dan setengah sendok makan madu sebagai camilan, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

2. Anggur dan kenari

Secangkir anggur dan segenggam kenari merupakan kombinasi kekuatan gula alami, serat, lemak sehat, dan protein, semuanya menghasilkan energi dan perasaan kenyang yang lebih tahan lama.

3. Biji-bijian

Penelitian dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa diet kaya biji-bijian dapat membantu Anda membakar lemak sekaligus menurunkan kolesterol.

4. Gandum dan keju

Satu porsi setengah cangkir keju cottage mengandung seperempat dari asupan rekomendasi protein harian. Lemak yang dikombinasikan dengan protein akan membuat perut Anda kenyang hingga waktu makan.

5. Oatmeal dan blueberry

Oat tidak hanya untuk sarapan, melainkan mereka juga enak setiap saat Anda ingin ngemil. Keduanya penuh serat, mereka membantu mengatur kadar gula darah agar Anda tidak jatuh.

Sementara itu, blueberry menambahkan rasa manis (dan vitamin C) tanpa gula. Cobalah sebungkus oatmeal tawar dengan setengah cangkir blueberry di atasnya.

6. Pisang dengan selai kacang

pisang terlalu matang Oleskan satu sendok makan selai kacang ke pisang. Karbohidrat akan memberi Anda suasana hati dan lonjakan energi yang cepat, sementara protein akan membuat energi tetap berjalan selama berjam-jam.

Sebuah studi tahun 2013 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa makan selai kacang di pagi hari dapat membantu mengekang nafsu makan Anda sepanjang hari.

7. Popcorn dan minyak zaitun

Popcorn bisa menyehatkan tergantung pada jenis minyak yang digunakan saat memasaknya.

8. Irisan apel dengan keju

Menurut penelitian di jurnal Nutrition, sebuah apel sehari dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Selain itu, sebuah studi tahun 2016 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa produk susu dapat membantu wanita menjaga berat badan. Coba pasangkan apel dengan irisan keju cheddar tajam berukuran setengah inci.

9. Pir dan mentega almond

Pasangan pir dan mentega almond merupakan kombinasi karbohidrat dan protein yang sempurna. Sebuah studi Nutrisi 2018 menemukan almond meningkatkan gula darah puasa dan pasca makan pada penderita diabetes tipe 2.

10. Smoothie teh hijau

Campurkan smoothie teh hijau dengan bahan-bahan lezat seperti lemon, nektar agave, dan cabai rawit untuk meningkatkan metabolisme.

11. Telur rebus

Saat rasa lapar melanda, telur rebus adalah camilan yang enak. Proteinnya yang tinggi mampu mengekang nafsu makan Anda dan mencegah Anda mengemil sesuatu yang tidak sehat. Telur rebus juga mengandung nutrisi seperti vitamin D dan B12, tetapi sebutirnya hanya mengandung 78 kalori.

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini