Setelah Pendampingan, Jumlah Anak Stunting di Banta – Bantaeng Berkurang

0
430

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Ketua Tim Penggerak PKK, Rossy Timur Wahyuningsih, meninjau pelaksanaan program pendampingan anak stunting di Posyandu Dahlia 6, yang terletak di Kelurahan Banta – Bantaeng, Kamis (7/1/2021).

“Hari ini kita lakukan peninjauan secara langsung, terkait penggunaan bantuan anggaran dari PKK Provinsi untuk penurunan stunting yang diberikan ke setiap kab/kota. Dimana anggaran ini, kita coba fokuskan di salah satu kelurahan yang memiliki angka stunting tertinggi di Kota Makassar,” terang Rossy.

Di Kelurahan Banta-Bantaeng tercatat ada 114 anak mengalami stunting. Melalui program PKK ini dilaksanakan pendampingan selama sebulan kepada anak-anak secara langsung. 

“Kita perhatikan kebutuhan gizi, vitamin, serta pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pendampingan dari kader PKK serta Puskesmas. Dan alhamdulillah setelah pendampingan yang diberikan, mampu menunjukkan adanya perubahan yang signifikan,” lanjutnya.

Sistem yang dilakukan yakni anak-anak didampingi, diberikan asupan makanan bergizi setiap harinya, demikian pula dengan vitamin. Setiap 1 kader PKK mendampingi 5 orang anak. 

“Program ini sebagai awal, percontohan, jika nanti hasilnya terbukti baik akan diterapkan sebagai langkah penanganan penurunan angka stunting di Kota Makassar secara berkesinambungan,” terangnya.

Dalam peninjauan kali ini, hadir pula Ketua TP PKK Kelurahan Banta-Bantaeng, Ariani Basir, yang menyampaikan secara langsung perkembangan anak yang telah didampingi di wilayah kelurahannya. 

“Alhamdulillah perkembangan mereka sangat baik, setiap anak mengalami peningkatan berat badan, minimal 2 ons setiap minggunya,” ungkapnya.

Selain melakukan peninjauan, Ketua TP PKK Makassar juga membagikan paket makanan tambahan bagi anak-anak, agar mereka lebih bersemangat dan ceria selama program pendampingan.(hms)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini