Tidur Siang Adalah Salah Satu Cara Memperbaiki Imun Tubuh

0
214

JAKARTA, EDELWEISNEWS.COM –  Di tengah Virus Corona Covid -19 yang sudah jadi pandemi, kita memang harus menjaga kesehatan agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, kita menjadi rentan terhadap penyakit.

Saat ini, Virus Corona Covid -19 belum memiliki penangkal, dan satu-satunya cara kalau sudah tertular adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak sakit. 

Hal itu ditegaskan pula oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Terawan meminta publik agar tidak panik soal virus corona, agar imunitas bisa tetap terjaga. Faktanya, imun dalam tubuh manusia itu sendirilah yang mampu melawan virus corona.

Dilansir dari Readers Digest yang menjabarkan buku “The Secrets of People Who Never Sick”, setidaknya ada empat tips agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Punya Banyak Teman

Tak usah heran, punya banyak teman ternyata bisa berdampak positif. Sejumlah penelitian menemukan bahwa memiliki teman yang baik, dapat melindungi kita dari berbagai masalah, mulai dari kehilangan ingatan hingga serangan jantung dan penyakit menular.

Sydney Kling, mantan perawat dan guru, bahkan tidak ingat kapan dia mengalami penyakit selama 75 tahun hidupnya. Dia mengakui bahwa dengan terus mencari teman baru, maka membuat dia tetap sehat. Baginya teman-teman tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, yang pada gilirannya mendukung sistem kekebalan tubuh.

Rajin Konsumsi Protein

Orang yang mengonsumsi lebih sedikit protein memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. Karena itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, sehingga Anda tidak rentan terhadap dinginnya AC kantor maupun tempat-tempat umum lainnya yang banyak menyebabkan orang sakit.

Biasakan Tidur Siang

Kurang tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan, mengarah ke sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan meningkatkan produksi kortisol, hormon yang memicu stres. Hal itu dikemukakan profesor psikologi di Universitas Southern California, Sarnoff Mednick.

Seperti yang disebutkan oleh Gene Stone dalam bukunya, ‘The Secrets of People Who Never Sick’, tidur siang akan membuat orang dewasa tidak pernah menderita pilek atau flu. Faktanya, sampai sekitar abad ke-13 dan penemuan jam mekanis, manusia tidur siang setiap hari. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah antara pukul 13.00 hingga 15.00.

Jangan Sering Menyentuh Wajah Anda

Kalau Anda sering melakukan aktivitas dengan tangan , seperti membuka pintu, memencet tombol bahkan menggigit kuku, mulai sekarang stop mengusap muka Anda. Tiap kali Anda mengusap wajah Anda, berarti Anda memindahkan kuman berbahaya ke hidung dan mulut Anda.

Dan Collins, yang bekerja di sebuah rumah sakit Baltimore mengatakan, kebiasaan mencuci tangan sepanjang waktu, dan menyeka dengan tisu bersih setelah membuka pintu atau menyentuh tombol lift dapat membunuh kuman dan bakteri.

Selain itu, jika ada bagian tubuh yang gatal jangan digaruk kecuali sudah membersihkan jari terlebih dahulu. Sebagai gantinya, gunakan buku jari atau punggung tangan, karena area ini memiliki lebih sedikit kontak dengan kuman daripada ujung jari.

Editor : Anisah


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini