Sampah Plastik Jadi Masalah, Lies Nurdin Imbau Siswa Tetap Bijak Gunakan Plastik

0
558

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Meski di masa pandemi, komitmen PKK Provinsi Sulawesi Selatan terhadap pelestarian lingkungan tetap berjalan. Melalui webinar yang digelar bersama Pusat Pengendalian Pembangunan Ecoregion Sulawesi dan Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan siswa tingkat SMP dan SMA/SMK, Lies F Nurdin mengurai persoalan lingkungan disertai upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir persoalan yang timbul.

“Kita harus menunjukkan kepedulian, semangat dan tanggung jawab dalam mewujudkan lingkungan sehat dan bersih, dengan mengelola sampah yang bisa dilakukan dengan cara paling sederhana, yakni dengan memilih sampah, sampah organic bisa menjadi kompos, membuat kreasi daur ulang dari sampah non-organik,” terang Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin pada Webinar Tingkatkan Kesadaran Siswa Menjaga Sungai, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (9 /7/2020).

Lies menyebutkan, persoalan utama masyarakat dunia saat ini adalah pada produksi sampah plastik yang mencemari lingkungan, baik di darat maupun laut dan mengancam kehidupan biota laut serta menjadi penyebab bencana alam.

“Plastik menjadi persoalan lingkungan hidup yang dialami negara-negara di dunia, utamanya di Indonesia. Sampah plastik adalah masalah serius yang mengancam bumi, menghambat arus sungai. Ada plastik yang sekali pakai, itu tidak dianjurkan dipakai. Seperti botol minuman mineral water dan kresek, jadi kita sarankan menggunakan botol berkali pakai (tumbler), utamanya di masa pandemi. Bawa masker, cuci tangan, dan bawa tumbler,” terangnya.

Lies menyebutkan, komitmen pemerintah dalam menghadapi persoalan plastik telah dimuat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 tahun 2017 Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Sementara di Sulsel, komitmen ini diperkuat dengan Surat Edaran dari Gubernur Sulsel tahun 2018 Tentang Pengurangan dan Penanganan Sampah , serta Surat Edaran PKK Sulsel 2019 tentang Imbauan Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik. (hum)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini