Banjir Bandang Melanda Luwu, Wagub Dorong Normalisasi Sungai

0
288

LUWU, EDELWEISNEWS.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman tiba di Kabupaten Luwu, Selasa sore, (14/7/2020). Ia disambut oleh Sekda Luwu Ridwan Tumbalolo, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Rahman Mandaria, dan Lurah Suli Sukmawati Gusalim.

Mengenakan pakaian dinas BPBD, Andi Sudirman langsung menuju Sungai Suli di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu. Sungai itu merupakan salah satu penyebab banjir beberapa hari lalu.

Diketahui, sekitar seminggu lalu puluhan desa/kelurahan di Kabupaten Luwu terendam banjir. Desa terendam banjir tersebar di empat kecamatan yang berada di bagian selatan daerah ini. Yakni Kecamatan Suli, Kecamatan Suli Barat, Kecamatan Larompong, dan Kecamatan Larompong Selatan.

Lurah Suli, Sukmawati Gusalim mengungkapkan, di daerahnya ini sudah enam kali terjadi banjir dalam waktu dua bulan.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman pun menyarankan, perlunya normalisasi sungai.

“Ini harus normalisasi sungai, dengan melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Harus duduk bersama, karena ini bukan pekerjaan kecil,” sarannya.

Selain itu, perlu penyisiran di hulu sehingga alih fungsi lahan dan penebangan diintervensi, baik pengawasan yang ketat maupun penataan dan penghijauan kembali.

Andi Sudirman tidak begitu lama di Kabupaten Luwu. Ia kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya di Kabupaten Luwu Utara.

Diketahui, banjir bandang melanda Luwu Utara, Senin malam, 13 Juli 2020. Akibatnya, ribuan rumah warga dihantam banjir bandang. Banjir ini dilaporkan sebagai banjir terparah yang melanda wilayah tersebut. (hum)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini