Pangdam XIV/Hsn Bercengkrama dan Berikan Bansos kepada Masyarakat Adat Suku Bunggu

PASANGKAYU, EDELWEISNEWS.COM – Nertemu Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam adalah momen langka. Hal ini dimanfaatkan warga untuk bersalaman dan berfoto selfie sekaligus bercengkrama dengan orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin.

Ini terjadi saat Jenderal bintang dua ini melakukan road show ke-13 di wilayah Kodim 1427/Pasangkayu dengan berkunjung dan membagikan bantuan sosial (bansos), berupa paket sembako dan bantuan tunai kepada salah satu suku adat yang berada di Kelurahan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Rabu (23/8/2023).

Masyarakat adat tersebut yakni suku Bunggu, merupakan salah satu suku yang berada di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin. Suku ini mengandalkan hidupnya pada alam atau dari pohon ke pohon dan kurang berkomunikasi dengan masyarakat umum.

Suku Bunggu memiliki jumlah populasi saat ini berkisar 300an orang dan mereka menikah dengan kelompoknya. Suku Bunggu juga menjadi salah satu wisata budaya masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT) yakni Suku Inde etnis Bunggu. Namun pada umumnya masyarakat di Kabupaten Pasangkayu mengenalnya sebagai Suku Bunggu atau To Bunggu (orang Bunggu).

Dengan rasa bangga dan antusias, atas kedatangan Pangdam yang langsung bercengkrama dengan suku Bunggu tersebut, Perwira Tinggi Angkatan Darat ini, yang dikenal aktif implementasikan perintah harian Kasad, sekaligus diangkat sebagai Warga Kehormatan Suku Bunggu.

Kunjungan yang dilakukan Mayjen Totok terhadap masyarakat adat ini sebagai bentuk kepeduliannya akan pelestarian budaya, dan menjaga kearifan lokal khususnya di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin.

Sumber : Pendam XIV Hsn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mamuju Sulawesi Barat

Rumkit TK. III Punggawa Malolo Keluar Sebagai Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Kelulusan Utama oleh LAFKI

MAMUJU, EDELWEISNEWS COM – Rumah Sakit (Rumkit) TK. III Punggawa Malolo Kesdam XIV/Hasanuddin yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, telah keluar sebagai Akreditasi Rumah Sakit tingkat kelulusan Utama. Akrediatsi tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI), Selasa (6/8/2024). Akreditasi tersebut tertera dalam Sertifikat Akreditasi Nomor […]

Read more
Sulawesi Barat SULSEL Wajo

Kunker Pj. Gubernur Sulawesi Barat di Sambut Hangat Pj. Bupati Wajo

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan kerja di Pammana, Desa Abbanuange, Kab. Wajo, Sulsel pada hari Sabtu (3/8/2024). Penjabat Gubernur Sulbar Bahtiar bersama rombongan di terima oleh Penjabat Bupati Wajo Andi Bataralifu, Kadis DLHD Wajo yang juga sebagai Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo H. Alamsyah, Camat Pammana Amshir […]

Read more
Makassar Sulawesi Barat SULSEL

Komisi I DPRD Sulbar Benchmarking Rekruitmen Komisioner KI dan KPID ke Diskominfo -SP Sulsel

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COMĀ – Sebagai upaya meningkatkan kinerja dan kualitas seleksi calon anggota komisioner Komisi Informasi (KI) dan calon anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID), Komisi I DPRD Sulawesi Barat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan studi tiru (benchmarking) untuk mempelajari tahapan seleksi […]

Read more