Amran Mahmud Resmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka di Wajo

0
250

WAJO, EDELWEISBEWS.COM – Bupati Wajo, Amran Mahmud berkomitmen penuh dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Wajo, salah satunya melalui upaya pengembangan dunia pendidikan.

Amran Mahmud kembali menekankan itu saat meresmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (Salut) di Jalan Bau Mahmud, Kota Sengkang, Jumat (1/4/2022).

Menurut orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng ini, indikator perkembangan suatu daerah dapat terlihat dari perkembangan perguruan tinggi.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo menyambut baik hadirnya Sentra Layanan Universitas Terbuka di Kabupaten Wajo. Tentunya diharapkan akan berkontribusi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia bersama dengan perguruan tinggi lainnya yang sebelumnya telah hadir di Wajo,” kata Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Kepala daerah bergelar doktor ini mengakui kualitas SDM di Wajo masih terbilang rendah. Berdasarkan data, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Wajo hanya 6,81 persen, lebih rendah dari IPM Sulawesi Selatan (Sulsel) sebesar 8,31 persen dan IPM nasional 8,54 persen.

“Untuk itu, saya tugaskan kepada BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo agar bekerja lebih keras lagi agar Indeks Pembangunan Manusia kita dapat ditingkatkan, minimal sama dengan rata-rata IPM provinsi dan IPM nasional,” kata Amran Mahmud.

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Sudrajat mengatakan, hadirnya Salut di Wajo dimaksudkan memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa, calon mahasiswa, dan masyarakat terkait UT.

Selain itu, kehadiran UT juga dimaksudkan untuk mendukung program Pemkab Wajo dalam upaya peningkatan kualitas SDM. “Kehadiran Salut di Kabupaten Wajo ini merupakan Salut yang ke-62 di Indonesia. Hal ini sejalan dengan harapan kita semua yaitu pendidikan berkualitas untuk semua,” ucap Ojat.

Turut hadir dalam peresmian ini Prof. Abd. Rahman Rahim dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Wajo, camat, pimpinan perbankan, serta undangan lainnya. (APJ)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini