Inovasi Sentuh Pustaka Menyentuh Hati Juri

0
254

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – “Sentuh Pustaka bukan saja menyentuh Perpustakaan Sekolah tetapi menyentuh hati kami”, ungkap salah satu dewan juri usai tim Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang dipandu langsung Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Siswanta A. Attas menyelesaikan Presentasi Inovasi Sentuh Pustaka, dalam Lomba Inovasi Daerah tingkat Kota Makassar Tahun 2019 di ruang Laboratorium Inovasi Balitbangda Makassar, Jum’at (29/11).

Bukan saja Dewan Juri, moderator pun ikut memberikan sanjungan yang disambut applaus panitia dan tim Sentuh Pustaka, baik dari internal dan eksternal yang turut hadir menyaksikan sesi presentasi Innovative Mayor Award tahun 2019. Sentuh Pustaka adalah inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk menjawab berbagai permasalahan budaya baca dan menawarkan solusi pembinaan Perpustakaan khususnya Perpustakaan Sekolah.

Selama ini Tenaga Perpustakaan Sekolah hanya diberikan Bimtek atau sekedar arahan. Namun di program Sentuh Pustaka, Tim yang sudah berkolaborasi dengan berbagai pihak terjun langsung menata Perpustakaan Sekolah yang mendapat dukungan dari Kepala Sekolah. Alhasil, 15 Perpustakaan Sekolah telah tertata dengan baik dan 10 diantaranya sudah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Mengapa Sentuh Pustaka sangat penting dan strategis, karena sekolah adalah peletak dasar tumbuhnya budaya baca. Dan ternyata lebih dari 1/3 waktu anak-anak dihabiskan di lingkungan sekolah, maka jika sarana sumber belajarnya (perpustakaan) tidak baik, jangan berharap budaya baca generasi yang akan datang akan meningkat. Perpustakaan adalah jantungnya pendidikan dan itu yang akan diwujudkan di program Sentuh Pustaka.

Penulis : Tulus Wulan Juni

Editor. : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini