Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Propinsi Bakal Dibuka Gubernur Sulsel

0
261

MAKASSAR,EDELWEISNEWS.COM – Empat hari lagi puncak acara pelaksanaan event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulsel tahun 2019 Bakal Dihelat. Acara bergengsi tahunan bagi Madrasah ini dipusatkan di Kota Makassar, tepatnya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jalan AP. Pettarani Kota Makassar, Kamis (15/8/2019).

Untuk itu, berbagai persiapan terus digenjot oleh panitia pelaksana yang digawangi oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel kerjasama dengan jajaran Kemenag Kota Makassar selaku tuan rumah.

Hal ini terungkap saat digelar rapat persiapan Panitia Pelaksana KSM tingkat Prov. Sulsel di aula Kanwil Kemenag Sulsel, Senin (12/8/2019) yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil H. Masykur.

Sebelumnya Sekretaris pelaksanaan KSM tingkat Prov. Sulsel H. Muhammad Kasim dalam laporannya menyampaikan, sampai hari ini (12/8) progress persiapan panitia sudah memasuki 80%, olehnya itu 3 hari kedepan harus segera dirampungkan sisanya.

“Semua panitia wajib serius menyikapi pelaksanaan KSM ini, karena moment ini merupakan wadah mempersiapkan sebaik-baiknya duta terbaik madrasah dari Sulsel untuk berlaga di tingkat Nasional, yang rencananya akan digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara pada September 2019 mendatang,” ujar Kasim.

KSM tahun ini menampilkan hal yang sedikit beda dari KSM tahun sebelumnya, dimana KSM tahun ini berbasis CBT (Computer Based Test) dan dengan waktu pelaksanaan serempak secara Nasional. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dan meminimalisir potensi kecurangan. Terlebih lagi kunci jawaban akan diperoleh sejam seusai pelaksanaan secara online.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel H. Masykur dalam arahannya berharap agar baik panitia, pengawas maupun proktor bisa konsentrasi  aktif dan bahu – membahu mensukseskan pelaksanaan KSM tingkat provinsi, mulai persiapan sampai pelaksanaan. Usahakan jangan ada sekecil apapun yang terlewatkan.

Dia juga meminta secara khusus agar panitia yang masuk tim publikasi dan Humas diharapkan memblowup syiar KSM, agar segala bentuk informasi terkait KSM bisa viral di media khususnya di publik.

“Utamanya terkait dengan sosialisasi massif, baik via media publik seperti spanduk, reklame, multimedia, hal ini penting agar masyarakat tahu bahwa madrasah juga memiliki event terbaik,” terangnya. 

Tahun ini, jumlah peserta yang akan mengikuti KSM Tingkat Prov. Sulsel adalah 715 orang, dengan bidang lomba berdasarkan tingkatan pendidikan.

Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah yakni Matematika terintegrasi, Sains IPA Terintegrasi. Untuk Madrasah Tsanawiyah yakni Matematika terintegrasi, IPA dan IPS terintegrasi. Sementara untuk Madrasah Aliyah yakni Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geografi yang semuanya terintegrasi.

Pembukaan kegiatan rencananya dihadiri Gubernur Sulsel, Kakanwil Kemenag Sulsel, Walikota Makassar, Pejabat dari Ditjen Pendis Kemenag RI, para Kakankemenag dan Kasi Pendidikan Madrasah Kab/Kota se-Sulsel, dan Kepala Madrasah se-Sulsel.

Jadi diperkirakan ajang KSM tahun ini bakal dihadiri lebih dari seribu orang, bahkan mungkin lebih.

Kamad MAN 2 Makassar Kaharuddin selaku tuan rumah melaporkan, bahwa pihaknya, khususnya jajaran MAN 2 dan MTsN 1 Makassar menyatakan siap baik secara struktur dan infrastruktur kegiatan, termasuk fasilitas tambahan seperti kesiapan fasilitas listrik, fasilitas kelas yang semua ber-AC , fasilitas 390 unit komputer, rest area bagi kontingen dari 24 kab/kota se -Sulsel serta booth khusus untuk Madrasah Expo.

Kabid Penmad berharap, keseriusan dan kerja keras panitia dan semua pihak terkait dalam mensukseskan kegiatan KSM, mulai dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat provinsi bahkan Nasional.

KSM nanti juga akan dirangkaikan dengan pembentukan pengurus tingkat propinsi mulai dari KKG, MGMP Madrasah se – Sulsel. Jadi siswanya ikut lomba, gurunya ikut workshop. (hum)

Editor : Anisah S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini