Pj Sekda Paparkan 100 Inovasi Kota Makassar di Hadapan Pj Wali Kota Palembang

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra menerima kunjungan rombongan Pj Wali Kota Palembang, Dr. Abdul Rauf Damenta, di Ruang rapat Sekda, Balaikota, Jumat (9/8/2024).

Kunjungannya ini untuk melakukan studi tiru terkait pengaturan pemberian insentif RT/RW di Kota Makassar.

Sebelum menjelaskan terkait skema pemberian insentif kepada RT/RW, Firman terlebih dahulu memperkenalkan profil Kota Makassar yang didalamnya terdapat 100 inovasi dan beberapa pencapaian Kota Makassar.

Seperti Makassar Sombere Smart City, Makaverse, Makassar Recover, Lorong Wisata, Home Care, Layanan 112, Jagai Anakta dan masih banyak lagi.

“Selamat datang Pak Wali, kita terlebih dahulu menampilkan profile Kota Makassar. Dimana inovasi dan program strategisnya ini salah satu hal yang membuat insentif RT/RW meningkat,” ucapnya.

Firman menjelaskan, untuk skema insentif RT/RW ada sembilan indikator yang harus terpenuhi sesuai Perwali No 3 tahun 2024 yakni Lorong Wisata, Bank Sampah, Retribusi Sampah, PBB, Sombere and Smart City, Buku Administrasi RT/RW.

Selain itu, deteksi dini kerawanan sosial, data penduduk non permanen dan deteksi dini kerawanan bencana di lingkup RT/RW.

“Sembilan indikator ini harus dipenuhi oleh 5974 orang RT, 996 orang RW. Jika indikator ini terpenuhi maka insentif akan dibayarkan sebesar Rp 1,2 juta. Penilaian ini langsung dari lurah dan camat yang memantau langsung di lapangan. Nah RT/RW ini sangat berfungsi dan aktif dalam hal membantu kinerja pemkot Makassar selama ini,” ujar Firman.

“Bukan cuma perangkat itu yang kami punya, kita juga membentuk dewan lorong yang berfungsi memonitoring lorong-lorong yang ada di Makassar. Dewan lorong kota ada enam ribu orang. Semuanya adalah garda terdepan ujung tombak pelayanan publik Kota Makassar,” tambahnya.

Ia pun menambahkan insentif RT/RW ini akan dibulatkan menjadi Rp 2 juta per.bulan jika PAD Kota Makassar mencapai Rp 2 Triliun.

“9 indikator kinerja RT/RW sedikit banyaknya akan berdampak bagi PAD Kota Makassar. Untuk berterimakasih Pemerintah Kota Makassar akan menaikkan insentif RT/RW senilai Rp 2 juta per bulan jika PAD Kota Makassar tembus Rp 2 Triliun,” sebutnya.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang, Dr. Abdul Rauf Damenta, memuji gebrakan kmKota Makassar ini.

“Saya lihat Kota Makassar ini sangat keren dan kita harus banyak belajar dari kota ini. Saya latar belakang inspektorat dan saya kagum dengan inovasi dan program yang dicetuskan Kota Makassar, sehingga tidak ada celah dan sangat transparan kegiatan inovasinya,” tuturnya.

Ia juga sangat serius mengulik skema insentif RT/RW Kota Makassar.

“Kami hadir disini untuk belajar kelembagaan aparatur, kami saat ini juga ada memberi insentif kepada RT/RW tapi hanya Rp600 ribu per bulan, rencananya kami akan naikkan hingga 1 juta per bulan tahun depan. Makanya kami datang untuk belajar, karena kami melihat di Makassar sangat konsen akan hal itu,” ungkapnya.

Keseriusan untuk study tiru Pj Wali Kota Palembang tersebut terlihat dari diskusi yang berlangsung hingga 2 jam.

Ia pun berharap dari pertemuan ini akan menghasilkan output yang berdampak positif.

“Kita disini sama-sama berbagi dan belajar. Ilmu yang saya dapat hari ini akan saya pelajari dan terapkan di Palembang. Ini bertujuan untuk lebih memajukan Kota Palembang. Terima kasih atas sambutan hangatnya Pak Sekda,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dinas Perpustakaan Makassar SULSEL

Jumlah Pengunjung Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan Masih Tinggi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Minat orang berkunjung ke perpustakaan masih tinggi. Mereka tak hanya datang untuk membaca tapi juga mencari referensi untuk tugas kuliah, penelitian, berdiskusi, dan keperluan lain. Hal itu tercermin pada pengunjung di Bagian Deposit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan. Bagian Deposit ini berada di Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Sultan […]

Read more
Makassar SULSEL

Wali Kota Makassar Danny Pomanto Serahkan SK Penetapan kepada Puluhan Imam Kelurahan

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyerahkan SK Penetapan kepada 50 imam kelurahan se-Kota Makassar. Danny Pomanto mengatakan, penyerahan SK ini diharapkan makin menguatkan kualitas keimanan masyarakat Makassar. Tentu dengan kualitas bacaan Al-Qur’an, ilmu dan pengetahuan yang matang dapat menambah kekhusyukan jamaah. Termasuk imam yang baik turut serta mewujudkan visi-misi Pemkot Makassar […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Pamit Cuti, Pesan ASN Netral, Jaga Kota Makassar dan Tingkatkan PAD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto pamit cuti selama dua bulan masa Pilkada 2024. Hal ini lantaran, Danny Pomanto sapaan akrabnya maju sebagai bakal calon Gubernur Sulsel pada Pilkada serentak November mendatang. “Saya pamit dua bulan untuk ikut Pilkada. Insyaallah saya masuk kembali 22 November. Jadi jaga demokrasi, jaga Makassar, jaga kinerja, […]

Read more