Plt. Kasatpol PP Makassar Menggelar Edukasi Pemadaman Api Awal pada Tabung Gas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Plt. Kasatpol PP Makassar Hasanuddin, S.STP, M.Si menggelar silaturahim dan edukasi Pemadaman Api Awal pada Tabung Gas ke Satlinmas Satpol PP, Kamis (19/9/2024) sore.

Pada kegiatan tersebut turut mendampingi Kabid Linmas Satpol PP Winardi, S.STP, M.Si.bersama jajaran dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, yang berlangsung di Taman Patung Gajah sekitar Anjungan City Of Makassar.

Dalam edukasi tersebut, personel Satlinmas bertepuk tangan secara bersamaan dengan meriah yang dilakukan oleh salah satu petugas Dinas Pemadam Kebakaran saat praktek kebakaran pada tabung gas.

Menurut Hasanuddin, kegiatan ini terlaksana atas inisiasi Satpol PP Kota Makassar untuk mengedukasi anggota Satlinmas sekaligus silaturahmi bersama.

“Untuk giat ini, terdiri dari teori dan praktik kesigapan saat terjadi kebakaran api dari tabung gas dengan tujuan untuk membekali personel Satlinmas Satpol PP akan keterampilan dasar dalam penanggulangan kebakaran,” ujarnya.

Selain itu juga, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka mengenai bahaya yang ditimbulkan serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman sekaligus melatih mereka.

Lanjut Hasanuddin, Satlinmas Satpol PP Makassar diberi materi terkait dasar penanggulangan dan pencegahan kebakaran. Sementara kegiatan praktik lapangan yang diberikan berupa identifikasi potensi bahaya serta upaya pencegahan terjadinya kebakaran.

Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena kebakaran merupakan ancaman yang serius.

“Artinya jika terjadi hal yang tidak diinginkan jangan panik,” imbuhnya.

Olehnya itu, dengan edukasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian terhadap keamanan dan keselamatan di rumah dan lain – lain.

“Jangan sampai ketika terjadi kebakaran, kita malah tidak bisa memadamkan api karena panik,” katanya lagi.

Dan edukasi dan wawasan seputar api. Apa itu api, apa penyebabnya, hingga bagaimana menanganinya. Agar masyarakat tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran, selain tentunya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar.

Untuk diketahui bersama, giat ini terlaksana atas inisiasi Kabid Linmas Satpol PP yang bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran secara sukarela. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kadis PU Kota Makassar Hadiri Upacara Kesadaran Nasional di Lapangan Karebosi

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Zulhaesi Zubir, ST, MT bersama pejabat dan seluruh staf mengikuti Hari Upacara Kesadaran Nasional di lapangan Karebosi yang diperingati tanggal 17 setiap bulan. Upacara Hari Kesadaran Nasional adalah wujud pengabdian dan komitmen seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga semangat kebangsaan. “Melalui disiplin, dedikasi, dan kerja nyata, […]

Read more
Makassar SULSEL

Indira Yusuf Ismail Serahkan Piagam Penghargaan kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Makasaar, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Makassar, Irma Awalia, menerima piagam apresiasi dari PKK Kota Makassar. Apresiasi ini diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, dalam kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kota Makassar, yang berlangsung di Upperhills Convention pada Rabu (18 September […]

Read more
Makassar Pariwisata SULSEL

Dinas Pariwisata Makassar Gelar Rakor untuk Menyusun dan Menganalisis Data Kunjungan Wisatawan Tahun 2024

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Makassar, Yulianti, memimpin rapat koordinasi untuk menyusun dan menganalisis data kunjungan wisatawan Kota Makassar Tahun 2024, Rabu (18/6/2024). Rapat ini bertujuan untuk memetakan tren dan pola kunjungan wisatawan ke Kota Makassar dalam tahun berjalan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai […]

Read more