Hingga Agustus, Jasa Raharja Sulselbar Telah Menyalurkan Santunan Sekitar Rp58 M

Must read

MAKASSAR, EDELWEISNEWS COM – PT Jasa Raharja Sulselbar telah menyalurkan santunan sebesar Rp58.492.003.966 kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Santunan tersebut berdasarkan data laporan kepolisian, baik untuk yang mengalami kematian atau pun sakit.

“Ini berdasarkan data akhir Agustus 2021,” demikian diungkapkan Ifriyantono, SE, Kepala Cabang Jasa Raharja Sulselbar yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/9/2021).

Ifriyantono mengungkapkan, bahwa pembayaran santunan dana kecelakaan, pajak kendaraaan bagi masyarakat dan pendaftaran kendaraan di kepolisian sudah berlangsung lama, sebelumnya berjalan sendiri – sendiri.

Sejak tahun 1976, terangnya, berdasarkan hasil inisiasi pihak kepolisian RI, maka terbit Surat Keputusan yang melahirkan kantor bersama satu atap (SAMSAT) yakni Kepolisian, Mendagri dan Menteri Keuangan. Lalu dikuatkan dengan Peraturan Presiden Nomor; 5 Tahun 2015 dimana Jasa Raharja, Dinas Pendapatan Daerah dan Kepolisian menjalankan tugasnya sebagai regident, Dispenda memberikan pelayanan publik baik pajak kendaraan, sementara Jasa Raharja memberikan santunan dana kecelakaan sesuai keputusan bersama Kapolri dan Menteri Keuangan dan Mendagri.

Sementara menyinggung dana hibah PT Jasa Raharja selaku BUMN untuk Pemerintah Sulsel, menurut Kacab Jasa Raharja Sulselbar itu, untuk tahun ini sebesar Rp4.149.000.000.

Pemberian hibah dari Jasa Raharja bukan merupakan suatu kewajiban, tetapi merupakan hibah Jasa Raharja ke Pemprov yang memang sudah lama dilakukan berdasarkan kesepakatan yang sudah ada.

“Jasa Raharja merupakan salah satu BUMN yang tergolong besar dalam pemberian hibah ke pemerintah Sulsel, termasuk juga Sulawesi Barat yang diberikan secara proporsional,” terangnya.

Dia berharap, semoga kedepan tiga Instansi bersama berdasarkan Peraturan Presiden semakin solid dalam menjalankan tugas masing – masing.

“Yang pasti, Jasa Raharja secara esensi memberikan santunan kepada masyarakat akibat kecelakaan laulintas berdasarkan laporan kepolisian,” pungkas Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulselbar tersebut.

Penulis : Yulia

Editor : Jesi

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article