Kota Makassar Dipilih Jadi Sampel Kajian Gemar Membaca Secara Online

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kota Makassar dipilih sebagai salah satu sampel survey kajian Gemar Membaca secara online dan Kajian Identifikasi Perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional RI tahun 2020.

Koordinator tim survey, Nur Amien menjelaskan hal tersebut kepada Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Andi Siswanta A. Attas saat melakukan kunjungan lapangan di Kota Makassar untuk melihat langsung aktifitas di Perpustakaan Umum, dan salah satu perpustakaan kelurahan yang menjadi sampel survey di Kota Makassar, Selasa (20/10/2020).

Sebelumnya Dinas Perpustakaan Kota Makassar telah memilih 3 Perpustakaan Kelurahan untuk menjadi sampel survey online, yakni Perpustakaan Kelurahan Pampang, Perpustakaan Kelurahan Lette dan Perpustakaan Kelurahan Mangasa-Terminal Malengkeri. Masing-masing perpustakaan kelurahan menyebarkan survey online kajian gemar membaca kepada 20 orang pemustakanya, termasuk 1 orang tenaga perpustakaan untuk identifikasi perpustakaan.

Selain itu, Perpustakaan Umum Kota Makassar juga telah menyebarkan survey kajian kegemaran membaca kepada 60 orang pemustakanya dan 1 orang tenaga perpustakaan, sehingga jumlah total sampel untuk kajian kegemaran membaca di Kota Makassar sebanyak 100 orang dan 4 orang untuk identifikasi perpustakaan.

Selain Kota Makassar ada 2 Kabupaten di Sulawesi Selatan yang dipilih sebagai sampel survey oleh Perpustakaan Nasional RI, yakni Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone.

Setelah menerima penjelasan dari Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, konsultan melakukan kunjungan lapangan yang didampingi oleh Pustakawan, Tulus Wulan Juni. Kunjungan diawali di Perpustakaan Umum Kota Makassar, sekaligus melihat studio mini yang dijadikan aktivitas kegemaran membaca online di tengah pandemi. Kemudian lanjut ke Perpustakaan Mangasa-Terminal Malengkeri yang diterima langsung oleh tenaga perpustakaannya. Konsultan pun melihat langsung aktifitas perpustakaan kelurahan yang dijadikan sarana belajar oleh anak-anak tersebut, seperti belajar menulis dan mengerjakan PR. Perpustakaan kelurahan ini juga telah dilengkapi jaringan internet-Wifi untuk membantu anak-anak belajar secara daring.

Penulis : Tulus Wulan Juni

Editor. : Jesi Heny