Perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar Luncurkan Inovasi Pore Goes to Park

Must read

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala SMP Negeri 1 Makassar, Suaib Ramli didampingi Kepala Perpustakaan PORE, Sitti Aminah beserta tenaga perpustakaan dan disaksikan guru, duta baca dan tamu undangan, termasuk pustakawan dari beberapa sekolah dan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar, menyaksikan peluncuran inovasi baru Perpustakaan PORE yang diberi nama “PORE GOES TO PARK” atau Perpustakaan PORE berkunjung ke taman yang ada di Kota Makassar. Acara ditandai dengan pelepasan balon di halaman sekolah, Kamis (1/4/2021).

Peluncuran tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Kebudayaan ke – 3 Kota Makassar dan Hari Buku Anak Sedunia, 2 April 2021.

Kepala Sekolah Suaib Ramli dalam sambutannya mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Tim Kreatif Perpustakaan PORE, apalagi inovasi ini lahir atas inisiatif dari para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik yang selama ini membantu kegiatan literasi di sekolah.

Hal senada juga disampaikan Kepala Perpustakaan, Sitti Aminah bahwa inovasi ini muncul dari siswa Duta Baca Pelajar.

“Mereka semua yang mempunyai ide inovasi ini dan kami dari perpustakaan yang mendukung dan memfasilitasi ide tersebut,” ungkap Sitti Aminah yang juga pustakawan dengan bangga.

“PORE GOES TO PARK” adalah sebuah aksi para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik SMP Negeri 1 Makassar beserta Tenaga Perpustakaan yang peduli dengan peningkatan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar di Kota Makassar. Selain itu juga memperkenalkan eksistensi Perpustakaan PORE dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

“PORE GOES TO PARK” ini akan dilaksanakan setiap hari Minggu sore di 4 titik taman. Yakni, Taman Macan, Taman Lego-Lego CPI, Anjungan Pantai Losari & Taman Pakui Sayang.

“PORE GOES TO PARK” berbentuk penyediaan lapak baca di 4 titik taman, yang masing-masing lapak menyediakan 200 judul buku dari Perpustakaan PORE SMP Negeri 1 Makassar. Setiap lapak di masing-masing taman di pandu 8 sampai 9 siswa Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik. Tugas para Duta Baca Pelajar akan memberikan sosialisasi gemar membaca kepada pengunjung di taman, sedangkan para pustakawan cilik bertugas melayani pengunjung yang membaca di lapak baca.

Ketua Duta Baca Pelajar SMP Negeri 1 Makassar, Sitti Fatimah Nimatullah saat ditanya dengan ide “PORE GOES TO PARK” mengatakan, bahwa kegiatannya sebagai bentuk kepedulian para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik yang melihat budaya baca masyarakat yang masih rendah. “Selain kepedulian meningkatkan budaya baca kegiatan ini juga sebagai bentuk pembelajaran kami untuk bersosialisasi yang positif ke masyarakat,” terang Sitti Fatimah.

Pengelola/ koordinator inovasi sekaligus Tenaga Perpustakaan, Sitti Nurnisaa Wirda Fausah atau yang biasa disapa Ummi mengatakan, bahwa “PORE GOES TO PARK” yang rencananya akan dimulai besok, Minggu (4/4/2021) masih bersifat sosialisasi dulu dan kedepannya akan ada pengembangan.

“Saat ini kami masih proses pengurusan perizinan dengan pengelola taman untuk program inovasi ini. Tahap awal masih dengan konsep sosialisasi dan penyediaan lapak baca. Nah, nanti kedepannya akan dilakukan pengembangan seperti pemutaran film dokumenter, membuat resensi dan akan menggandeng Perpustakaan Keliling dan Dongkel Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” ungkap Ummi.

Dalam bahasa Makassar “Pore” berarti Mantap atau Hebat, telah menjadi spirit layanan Perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar. Selain layanan internal di sekolah, perpustakaan ini juga mencoba melakukan layanan ekternal, sebagai upaya membantu pemerintah meningkatkan budaya baca dengan program Inovasi. Perpustakaan yang telah menerima program pendampingan melalui Inovasi Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan telah memperoleh akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional R Iini tidak pernah berhenti melakukan pengembangan layanan perpustakaan dengan berbagai kegiatan literasi yang dibantu dengan para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Ciliknya. (TWJ)

Editor : Jesi Heny

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article