Pangdam Menutup Dikmaba TNI AD Gemblengan Rindam XIV/Hasanuddin

Must read

GOWA, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, secara resmi menutup Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD Tahun 2019 (Ov) yang dididik dan digembleng oleh Rindam XIV/Hasanuddin di Lapangan Sapta Marga Mako Rindam Pakatto, Kabupaten Gowa. Sabtu, (22/2/2020).

Penutupan ditandai dengan pelepasan secara simbolis tanda siswa dan pangkat prajurit siswa serta penyematan pangkat baru sebagai Bintara sekaligus penyerahan ijazah. Dilanjutkan dengan Sumpah Prajurit oleh 254 Bintara dengan perwakilan 4 agama yakni Islam, Katholik, Protestan dan Hindu. Dalam pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Pangdam Hasanuddin, para Bintara didampingi oleh rohaniawan masing – masing.

Pada kesempatan tersebut Pangdam memberikan penghargaan kepada mantan siswa yang berprestasi sebagai lulusan terbaik yakni Serda Mahadir M. Hamka, kelahiran Atula, Kabupaten Kolaka Timur 10 Maret 2001, lulusan SMA 1 Ladongi.

Dalam amanatnya Pangdam mengatakan, penutupan pendidikan ini merupakan prosesi pelantikan bagi prajurit siswa yang memperoleh predikat sebagai Bintara TNI Angkatan Darat, sekaligus mengubah status dari kehidupan sipil ke dalam kehidupan Militer.

“Sehubungan dengan hal tersebut, selaku pribadi dan atas nama Komando, dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat kepada para Bintara atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan ini,” ujar Pangdam.

Pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkan serta prestasi yang dicapai, dapat dijadikan motivasi untuk mengikuti pendidikan Tahap II di kecabangan masing-masing.

“Untuk itu, siapkan fisik dan mental saudara dengan baik dalam menjalani proses pendidikan tahap II,. dengan disiplin serta dedikasi yang tinggi. Agar nantinya dapat menjadi prajurit yang tangguh, tanggon dan trengginas,” imbuhnya.

“Jangan ada keraguan, apalagi menyesal dalam menjalani kehidupan sebagai seorang prajurit. Karena semua itu merupakan suatu proses kehidupan yang saudara cita-citakan selama ini. Pahami, hayati dan amalkan pedoman hidup prajurit yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” tegas Pangdam.

Usai pelantikan, para mantan siswa juga menampilkan demonstrasi kemampuan dan keterampilan militer seperti kolone senapan, bongkar pasang senjata, pematahan batako dan baja, bela diri militer, taktik tempur militer dan tarian Malulo.

Turut hadir Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin Arinta Andi Sumangrukka, Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, Danrindam, para Perwira Ahli, PA LO, para asisten, para Kabalakdam dan Komandan satuan Kodam XIV/Hasanuddin.

Penulis : Edi

Editor. : Jesi Heny

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article