SMK Negeri 2 Jeneponto Masuk 6 Nominasi Perpustakaan Sekolah Terbaik

Must read

JENEPONTO, EDELWEISNEWS.COM – Tm juri didampingi Ketua Panitia Lomba Perpustakaan Sekolah SMA/ MA/ SMK Negeri dan Swasta Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 melakukan penilaian/ peninjauan lapangan di Perpustakaan SMK Negeri 2 Jeneponto, Senin (24/5/2021). Kunjungan ke Perpustakaan SMK Negeri 2 Jeneponto adalah kunjungan pertama dari 6 agenda kunjungan tim juri ke 6 nominasi Perpustakaan sekolah terbaik yang telah lolos seleksi penilaian administrasi dan instrumen lomba.

Kunjungan tim juri yang berjumlah tiga orang yakni Dr. Iskandar dari Pustakawan Perpustakaan Universitas Hasanuddin, Dr. Muliono dari Koordinator Pengawas (Korwas) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan Tulus Wulan Juni dari Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar serta Ketua Panitia Lomba, Jumala Syamsuddin diterima langsung oleh Kepala Sekolah Hj. Basse, T, Kepala Perpustakaan, Humaera, Duta Baca yang juga Ketua OSIS dan seluruh tenaga perpustakaan. Tim juga disambut dengan tarian yang dibawakan 3 orang siswa.

Hadir juga dalam kegiatan penilaian tersebut Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Jeneponto, Koodinator Pengawas (Korwas) Sekolah SMA Kabupaten, Pengawas Sekolah yang membina SMK Negeri 2 Jeneponto serta Pengawas Sekolah wilayah lain.

“Kehadiran pengawas dalam penilaian ini sebagai bentuk dukungan dan support kepada sekolah yang berprestasi, dan juga sebagai studi tiru bagi pengawas lain untuk pengembangan perpustakaan sekolah yang menjadi binaanya,” ungkap Muliono yang juga Korwas.

Hal senada juga disampaikan oleh juri lain yakni Tulus Wulan Juni yang berharap kegiatan lomba yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, mendapat dukungan dari pengawas sekolah khususnya Pengawas SMA.

“Saya berharap ada 2 kegiatan pengembangan perpustakaan yang dapat dilakukan oleh pengawas sekolah di SMA, yakni kegiatan pendampingan akreditasi perpustakaan sekolah bekerjasama dengan pustakawan yang ada Dinas Perpustakaan Provinsi. Kegiatan lomba perpustakaan yang dilakukan oleh masing-masing koordinator pengawas di kabupaten/ kota. Nah, nanti pemenangnya dikumpulkan untuk berkompetisi di tingkat Provinsi,” saran Tulus kepada para pengawas yang hadir.

Kehadiran tim juri selain melakukan penilaian dengan mencocokkan 9 komponen isian instrumen lomba dan kondisi lapangan juga melakukan pembinaan perpustakaan sekolah, khususnya komitmen kepala sekolah dalam pengembangan perpustakaan yang berkelanjutan.

Perpustakaan SMK Negeri 2 Jeneponto telah memiliki area yang memadai seperti ruang baca dan ruang multimedia, yang dapat menampung masing-masing 1 kelas dan dilengkapi WiFi, ruang koleksi buku bacaan dan buku paket yang terpisah dan ada juga area baca outdoor dan sudut baca kelas dengan penataan menarik. (TWJ)

Editor : Jesi Heny

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article