Satu Tahun Kepemimpinan Duo Amran, Ciptakan 10 Ribu Wirausahawan

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Dalam upaya menumbuhkan semangat kewirausahaan, khususnya di kalangan milineal, Pemkab Wajo memiliki program unggulan, yakni program mencetak 10 ribu wirausahawan baru.

Untuk mewujudkan mimpi ini, Pemkab Wajo dibawah komando “Duo Amran” melakukan berbagai upaya, diantaranya memberikan bantuan modal kepada wirausahawan baru melalui ajang kompetensi yang diselenggarakan bersama Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Selain itu, Pemkab Wajo menggandeng berbagai Lembaga Pendidikan dan Perusahaan BUMN untuk melakukan pelatihan kewirausahaan.
Langkah lainnya adalah membuka dan memberikan ruang usaha pada space Pemda untuk dijadikan tempat berwirausaha.

“Kami berharap program 10 Ribu Wirausahawan Baru ini mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Wajo dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru atau wirausahawan baru. Pengangguran harus kita pikirkan, baik dari kalangan sarjana maupun yang bukan sarjana, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan buat mereka, ” ujar Bupati Wajo, H.Amran Mahmud.

Sementara itu, di Sektor Pendidikan Kabupaten Wajo capain pembangunan dimulai dengan program TOT  di At-Taisir  sebanyak 14 Orang dengan 2 angkatan, saat ini mereka sudah membuka Lembaga Hafidz Quran dengan jumlah santri sebanyak 118 Orang.

Dalam upaya mendukung terciptanya SDM bermutu, Pemkab Wajo pada APBD 2020 menyiapkan anggaran Beasiswa sebesar Rp3 Milliar untuk anak sekolah, anak putus sekolah, mahasiswa dan calon mahasiswa, serta menyiapkan beasiswa khusus tokoh agama desa melalui APBDes. Selain itu, Pemkab juga melibatkan sektor swasta dalam menyiapkan SDM bermutu melalui Program Beasiswa Sampoerna University.

“Harapan kita, dengan adanya program ini dapat memberikan peluang emas bagi siswa lulusan SMA di Kabupaten Wajo agar bisa mengenyam pendidikan di Universitas Sampoerna yang bekerjasama dengan University of Arizona di Indonesia,” ujar Mantan Wakil Bupati Wajo ini. (*)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Parepare SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Kunker di Brigif 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Brigade Infanteri (Brigif) 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep, Kamis, (17/10/2024). Dalam kunjungan tersebut, Pangdam bertatap muka langsung sekaligus memberikan […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Kakumdam XIV/Hsn Membuka Kegiatan Sosialisasi Tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Chk Bahrun Taslim, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Kasad Nomor 25 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kasad Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Kamis (17/10/2024). Sosialisasi ini […]

Read more
Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more