TNI AL Amankan Dua Unit Benda Mirip Rudal dari Perairan Kepulauan Selayar

0
157

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dua unit benda asing yang diduga mirip rudal, yang ditemukan oleh nelayan di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, kini telah berhasil diamankan oleh pihak TNI AL dari Kepulauan Selayar ke Kota Makassar, Sabtu (19/2/2022).

Dengan menggunakan KRI Fatahillah – 361, kedua benda mirip rudal ini telah sampai di Kota Makassar pada hari Sabtu pagi tanggal 19 Februari 2022 di Dermaga Fasharkan Makassar. Benda itu kemudian diserah terimakan dari Komandan Guskamla (Danguskamla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya, SH, M.Si, kepada Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, SE, MM, CHRMP, di atas geladak Buritan KRI Fatahillah-361.

Danlantamal VI menyampaikan, benda asing ini sering sekali ditemukan di sekitar Kabupaten Kepulauan Selayar, yang merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, yang mana ALKI II ini merupakan jalur laut yang begitu ramai dilewati oleh kapal-kapal militer maupun sipil yang mempunyai misi -misi tersendiri, yang memanfaatkan situasi lengang daripada luasnya perairan Indonesia, khususnya di ALKI II ini.

“Kedua unit benda atau alat tersebut merupakan alat survey bawah air yang dilepaskan ke bawah air, dan dikontrol oleh kapal induknya. Yang mana data yang diperoleh oleh alat ini akan ditransfer melalui kabel data ke kapal induknya, sehingga data-data yang diperoleh akan dikumpulkan dan direkam, yang bertujuan untuk kepentingan tertentu dari kapal yang mengontrol alat ini,” ungkap Danlantamal VI.

“Data yang bisa diambil dari alat survey bawah laut ini, diantaranya adalah keadaan dalam laut mulai dari suhu, salinitas, arus, pasang surut, seismik termasuk sumber daya alam seperti mineral dan lain-lain,” tambahnya.

“Saya yakinkan alat ini bukan rudal akan tetapi alat Side Scan Sonar (SSS), dan kalau dilihat lampu indikatif sensor masih berkedip tentunya alat ini masih aktif dan tetap merekam sampai lampu tersebut mati,”. katanya.

“Dengan ditemukannya alat ini, mudah-mudahan nanti Dinas Pengembangan dan Penelitian TNI Angkatan Laut (Dislitbangal) bisa meneliti lebih lanjut dan merekam ulang hasil data yang ada di dalam Side Scan Sonar (SSS),” ujar Danlantamal VI.

“Keberhasilan TNI AL mengamankan benda asing mirip rudal ini juga sesuai dengan
penekanan Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, tentang keamanan laut dan melindungi kekayaan yang ada di dalamnya. Sehingga sinergitas.antara TNI AL dengan para stakeholder di wilayah-wilayah pesisir dan
kepulauan harus solid untuk mewujudkan keamanan laut demi kesejahteraan bangsa Indonesia,”.kata Danlantamal VI yang meneruskan penekanan Kasal.

Kedua unit alat yang mempunyai berat masing-masing kurang lebih 5 Kg tersebut, diantaranya 1 unit berwarna hijau yang ditemukan oleh nelayan setempat bernama Arifin Lewa pada tanggal 09 Februari 2022, dan 1 unit berwarna orange yang ditemukan sejak kurang lebih 10 tahun yang lalu. Kedua alat tersebut bertempel plat yang bertuliskan Made In USA, ini juga ditemukan di tempat yang sama yaitu di Pulau Jampea Kabupaten Kepulauan Selayar.
Sebelumnya TNI AL juga berhasil mengamankan benda sejenis drone laut aktif, yang ditemukan warga Pulau Karompa, Kecamatan Pasimbena tanpa tanda khusus pada tahun 2020 yang lalu.

Hadir dalam penyerahan ini, Wadan Lantamal VI, para Asisten Danlantamal VI, Kepala Staf Guskamla Koarmada II, Dansatrol Lantamal VI, Komandan KRI Fatahillah – 361 serta para Komandan KAL. Jajaran Lantamal VI. (Ril)

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini