Pangdam XIV/Hasanuddin Selaku Pangkogaspad PAM VVIP Pimpin Pengamanan Kunker Wapres RI di Kendari

0
130

KENDARI, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH, selaku Pangkogaspad Pam VVIP, memimpin langsung pengamanan kunjungan kerja ( kunker) Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) K.H. Makruf Amin dan rombongan, ke wilayah Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Desa Motui, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (19/5/2022).

Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Rio Purwantoro, SH, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kunker Wakil Presiden RI di wilayah Korem 143/HO Kendari Sulawesi Tenggara dijadwalkan selama dua hari, sejak tanggal 19-20 Mei 2022.

“Di hari pertama, Wakil Presiden RI melakukan peletakan batu pertama pembangunan PT. Nusantara Industri Sejahtera (NIS) di Desa Motui, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara. Selain itu, juga memberikan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) berupa Jaminan Sosial dan Santripreneur di Sentra Mechai Kendari, Jl Panjaitan Kota Kendari,” terang Kapendam XIV Hasanuddin.

“Keesokan harinya yakni tanggal 20 Mei 2022, Wakil Presiden RI dan rombongan langsung akan bertolak kembali ke Jakarta,” sambungnya.

Untuk diketahui, Pangdam XIV/Hasanuddin selaku Pangkogasgabpad PAM VVIP di wilayah, bertugas mengamankan pejabat Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarga, serta tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan beserta keluarga mereka yang berkunjung di wilayah kotama yang menjadi tanggung jawabnya.

Dalam melaksanakan sebuah operasi pengamanan VVIP terkait kunjungan kerja Presiden maupun Wapres, Pangdam selaku Pangkogasgabpad melaksanakan koordinasi dengan unsur TNI, Polri serta satuan/ instansi terpadu lainnya, guna terciptanya stabilitas keamanan yang steril dari segala ancaman.

Secara umum terdapat tiga lapis keamanan dalam sebuah operasi pengamanan VVIP Presiden dan Wapres. Dimana lapis keamanan ke 1 (Ring 1), Paspampres bertanggungjawab penuh terhadap pengamanan terdalam yang berada paling dekat dengan VVIP.

Lapis keamanan kedua dan ketiga (Ring 2 dan Ring 3) dilakukan oleh unsur TNI, Polri dan satuan terpadu lainnya yang berwenang di suatu wilayah tersebut.

Tampak hadir Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto, Danrem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya, SE, Kabinda Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, S.Sos, dan para unsur Forkopimda Propinsi/Kabupaten dan Kota Kendari, serta pejabat TNI Polri di wilayah Sulawesi Tenggara.

Penulis : Edy

Editor : Jesi Heny

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini