Bupati Wajo Resmikan RS Hikmah Citra Medika Sengkang

0
205

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Wajo tidak henti-hentinya berupaya memberi pelayanan kesehatan maksimal kepada warganya. Sesuai harapannya bahwa layanan kesehatan harus cepat, menyenangkan, dan mudah.

Satu lagi layanan kesehatan hadir untuk masyarakat Bumi Lamaddukelleng. Itu setelah Bupati Wajo Amran Mahmud, meresmikan Rumah Sakit (RS) Hikmah Citra Medika Sengkang yang berlokasi di Jalan Rusa, Kelurahan Mattirotappareng, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Jumat (16/7/2021).

Amran Mahmud berharap kehadiran RS tersebut melengkapi layanan kesehatan dan terus memberikan pelayanan mumpuni kepada masyarakat.

“Alhamdulillah berbagai upaya dilakukan untuk memberi layanan kesehatan agar benar-benar dirasakan oleh masyarakat Wajo,” ucap Amran Mahmud.

Tandem dari Wakil Bupati Wajo, Amran, S.E., ini mengungkapkan, bahwa pada 2021 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo mengucurkan anggaran miliaran rupiah demi mengcover 100 persen warga dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Tahun ini kita menganggarkan Rp56 M di APBD untuk mewujudkan BPJS 100 persen di Wajo,” ucap Amran Mahmud.

Dia pun meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan pihak RS Hikmah Citra Medika Sengkang terkait pasien rujukan BPJS Kesehatan.

“Saya harapkan kalau pasien rujukan BPJS Kesehatan tidak lagi dirujuk ke Makassar kalau masih bisa ditangani di daerah, karena layanan kesehatan harus cepat, menyenangkan, dan mudah,” ucapnya.

Amran Mahmud juga menyampaikan, keberadaan RS menjadi salah satu jawaban tantangan pemenuhan pelayanan di bidang kesehatan untuk masyarakat.

Oleh sebab itu, pemerintah terus berkomitmen mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan lebih baik, sekaligus menjawab tantangan kebutuhan, baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

“Semoga hari ini dan ke depannya Rumah Sakit Hikmah Citra Medika ini terus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, bermutu, dan sesuai visi dan misinya,” tuturnya.

Direktur RS Hikmah Medika Sengkang, dr. Zulfikar mengungkapkan, RS ini dibangun sejak 2020 dan mengawali operasional hari ini.

Dia menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Wajo atas dukungannya memberikan izin berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Wajo dan izin profesional serta penetapan kelas rumah sakit per tanggal 6 Juli 2021 dengan nomor: 0001/IORS/DPMPTSP.

“Sekarang ini kami fokus untuk melanjutkan operasional dan siap melayani masyarakat Kabupaten Wajo. Kedepannya juga kita akan kerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ucap dr. Zulfikar.

Dalam operasional, lanjut dia, tetap mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang ada di Wajo, baik dokter maupun perawat hingga tenaga kesehatan (nakes) lainnya.

Sekadar diketahui, RS ini memenuhi klasifikasi tipe C dan pernah melayani pasien Covid-19 tidak bergejala.

Hadir dalam peresmian ini, yakni jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia Sulselbar, Ketua Yayasan Hikmah Grup, Direktur RS Hikmah Citra Medika kepala perangkat daerah, para camat, dan segenap tamu undangan. (Hms/APJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini