Rindam Hasanuddin Bekali Calon Mahasiswa Afirmasi Asal Papua Diklat Bela Negara

GOWA,EDELWEISNEWS.COM – Pendidikan Latihan Bela Negara Calon Mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Papua Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) TA. 2019 resmi dibuka bertempat di Lapangan Hitam Rindam XIV/Hasanuddin Pakatto Kabupaten Gowa, Senin 29 Juli 2019.

Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Prof. Dr. Ismunandar diikuti 635 calon mahasiswa. Pelaksanaan Diklat tersebut akan berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 29 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019.

Diklat yang terselenggara atas kerjasama Kemenristek Dikti dan Rindam XIV/Hasanuddin ini guna membentuk generasi muda Indonesia yang cinta tanah air, melalui pelaksanaan bela negara bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi jalur mandiri Afirmasi pendidikan tinggi yang berasal dari provinsi Papua dan Papua Barat pada tahun 2019.

Program Afirmasi Papua merupakan program pendidikan yang memihak pada putra dan putri orang asli Papua dan Papua Barat, untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang berkualitas di tanah air. Peserta Diklat Bela Negara ini nantinya akan disebar untuk mengikuti perkuliahan di 85 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia.

Menristek Dikti dalam amanatnya menyampaikan, bahwa usaha bela negara bukan hanya sebatas memanggul senjata semata, tetapi meliputi berbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan tidak saja sebatas membela negara dari serangan musuh dari luar.

“Bela negara dapat juga berupa membela negara dari kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan dan perpecahan yang berpotensi dapat menghambat kemajuan bangsa”, ujar Prof. Ismunandar

Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Leo Agung Priyo Soembodo pada kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada para peserta Diklat yang telah terpilih menjadi duta-duta dari daerah masing-masing.

“Semoga ilmu yang saudara dapatkan selama digembleng di Rindam Hasanuddin akan menjadikan lebih kuat, mandiri, dewasa dan siap menjadi pemimpin masa depan bangsa yang memiliki semangat bela negara serta cinta tanah air,” harap Kolonel Leo.

Penulis : Adi Summit

Editor. : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Parepare SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Kunker di Brigif 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep

PAREPARE, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Mia Bobby Rinal Makmun, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Brigade Infanteri (Brigif) 11/Badik Sakti, Kodim 1405/Parepare dan Kodim 1421/Pangkep, Kamis, (17/10/2024). Dalam kunjungan tersebut, Pangdam bertatap muka langsung sekaligus memberikan […]

Read more
Makassar SULSEL TNI / POLRI

Kakumdam XIV/Hsn Membuka Kegiatan Sosialisasi Tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kepala Hukum Kodam (Kakumdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Chk Bahrun Taslim, S.H membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Kasad Nomor 25 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kasad Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pembentukan Produk Hukum di Lingkungan TNI AD, bertempat di Ruang Bina Yudha (RBY) Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Kamis (17/10/2024). Sosialisasi ini […]

Read more
Agama Makassar SULSEL TNI / POLRI

Polrestabes Makassar Gelar Safari Subuh di Kecamatan Biringkanaya

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Polrestabes Makassar menggelar kegiatan safari Subuh di Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Jumat (18/10/2024). Kapolrestabes Makassar yang diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Makassar, AKBP H. Risman Sani, S.Ag, menyampaikan pesan Kamtibmas. Ia menekankan warga Kota Makassar, khususnya di Katimbang, agar senantiasa menjaga kerukunan antar tetangga sesuai dengan falsafah […]

Read more