Antisipasi Bullying, SMA Negeri 5 Tana Toraja Lakukan Penguatan P5

TANA TORAJA, EDELWEISNEWS.COM – SMA Negeri 5 Tana Toraja mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui kegiatan pencegahan kekerasan pada anak, yang biasa disebut bullying. Kegiatan bertema “Bangunlah Jiwa dan Raga” ini, diadakan di Aula SMA Negeri 5 Tana Toraja, Jumat (23 Februari 2024).

P5 merupakan salah satu program dalam Kurikukum Merdeka. P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Prinsip P5 adalah holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif.

Narasumber kegiatan ini adalah dr Kristanty Randa Arung, M.Kes, Sp.KJ, FISQua, FIHFAA. Materi tentang “Akibat Bullying Terhadap Kesehatan Jiwa dan Raga”. Disampaikan bahwa kekerasan yang dilakukan secara fisik akan berdampak pada psikis. Sementara bullying akan berdampak pada kesehatan jiwa korban.

Dorce Ramma Songga, SE, pendamping pada UPTD Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Tana Toraja, hadir mendampingi sekaligus menginformasikan kepada peserta terkait keberadaan UPTD PPA. Perempuan yang akrab disapa Bu Oche itu, juga menjelaskan tupoksi serta teknis pengaduan ketika ada anak atau siswa yang mengalami kekerasan termasuk bullying.

Peserta kegiatan yang bertujuan untuk mencegah bullying di kalangan pelajar ini, merupakan siswa kelas X SMA Negeri 5 Tana Toraja. Kurang lebih 288 siswa hadir sebagai peserta. Kegiatan dilakukan dengan memberi kesempatan peserta berbicara. Dalam sesi itu, kebanyakan mengungkapkan bahwa mereka mengalami kekerasan secara verbal.

Bu Oche menganggap kegiatan berlangsung positif. Respon para pelajar itu sangat luar biasa. Minat anak-anak akan materi ini, juga sangat baik karena mereka banyak yang mengalami, secara langsung ataupun tidak.

Dipesankan bahwa bagi anak-anak yang mengalami bullying dan kekerasan, dapat mengadu via telepon atau langsung datang ke kantor UPTD PPA Tana Toraja Jalan Jenderal Sudirman No. 5 simpang 5 Makale (depan kedai mamie). Bisa pula melalui nomor telepon 082346270246 atas nama Santi dan nomor 0822 9399 4525 atas nama Oche. (*)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Danny Pomanto Persiapkan Kenaikan Dana Hibah PMI dan Gelar Lorong Donor

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan akan mempersiapkan kenaikan Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar. “Yang jelas Dana Hibah untuk PMI Kota Makassar harus naik. Apalagi pernah mencapai Rp4 miliar,” kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto saat diwawancarai usai meresmikan Musyawarah Kota (Muskot) PMI Makassar di Jl Andi Djemma, Kamis […]

Read more
Makassar SULSEL

Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri dan meramaikan Upacara Penutupan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I 2024 SPN Polda Sulsel. Upacara berlangsung di Lapangan Upacara SPN Polda Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (11 Juli 2024). Danny Pomanto hadir di SPN Polda Sulsel sekira pukul 07.55 Wita dan […]

Read more
Makassar SULSEL

Ketua TP PKK Kota Makassar Dorong Penguatan Peran Remaja dalam Pengelolaan Masjid di Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar mengambil langkah konkret dalam pemberdayaan masjid melalui pelatihan intensif untuk remaja masjid. Bertempat di Makassar Golden Hotel, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta setiap harinya, dengan tujuan memperkuat peran remaja dalam memakmurkan dan mengelola masjid di wilayah mereka masing-masing. Ketua TP PKK Kota Makassar […]

Read more