APEKSI bersama Pemerintah Kota Bogor Gelar Munaslub

0
72

BOGOR, EDELWEISNEWS – APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) bersama Pemerintah Kota Bogor menyelenggarakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 2023 dengan tema: Konsistensi Di Masa Transisi, pada 14-15 Desember 2023 di Kota Bogor.

Munaslub telah disampaikan pada Rakernas XVI APEKSI 2023 di Kota Makassar dan disepakati pada Rapat Pengurus pada 4 Oktober 2023 di Kota Ternate dalam rangkaian Sarasehan Istri Walikota 2023.

Munaslub memilih ketua dewan pengurus yang baru, selepas masa jabatan Bima Arya, di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Jumat (15/12/2023).

Munaslub APEKSI dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang menyampaikan terkait pentingnya setiap kota memiliki perencanaan besar bagi kota.

“Desain kota harus disiapkan dari sekarang, setiap kota harus memiliki rencana kotanya masing-masing, sesuai dengan keunggulan masing-masing, memiliki desain arsitektur kota, dan detail engineering design,” ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Kepala Bagian Kerjasama, Andi Zulfitra Dianta, mewakili Wali Kota Makassar turut menghadiri pelaksanaan Munaslub APEKSI menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan gambaran terkait berbagai hal yang dapat dicapai dan ditindaklanjuti.

“Bulan Juli lalu, Makassar laksanaan Rakernas APEKSI dan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Ketua APEKSI dimana gelaran tersebut berlangsung meriah dan menunjukkan sinergi yang baik dan kolaborasi yang harmoni oleh seluruh kota yang ada di Indonesia,” ungkap Andi Zulfitra.

Dengan adanya APEKSI, harmoni seluruh kota terjaga, dan Munaslub kali ini memutuskan Wali Kota Surabaya sebagai Ketua yang baru pada masa transisi sampai dengan tahun 2025.

“Wali Kota Makassar juga terpilih menjadi Dewan Pengawas pengurus transisi tersebut,” tambahnya.

Untuk kota Makassar sendiri, di bawah kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto, telah melakukan berbagai inovasi, terobosan, penguatan bidang teknologi, serta mempertahankan kearifan dan budaya lokal.

“Makassar sombere and smart city, dengan visi misi yang telah dilakukan, memberikan gambaran akan seperti apa kota Makassar kedepan, sosok visioner Wali Kota Makassar, tentunya akan mampu menjawab tantangan dunia, terlihat dari capaian dan prestasi yang telah diraih selama ini,” ujarnya.

APEKSI, menjadi wadah untuk memperjuangkan kebijakan dan anggaran yang mendukung pembangunan dan pelayanan publik di tingkat kota, sehingga suara dan aspirasi pemerintah kota dapat didengar dan diperhatikan oleh pusat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini