Baleg Minta Masukkan Pemprov Soal Penanggulangan Bencana


SULSEL,EDELWEISNEWS.COM – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI meminta masukan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel soal penanganan bencana. Masukan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam Revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Permintaan tersebut diungkapkan saat rombongan Baleg DPR RI diterima Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Senin (24/6).

“Pengalaman konkrit dari lembaga pemerintah maupun para stakeholder yang telah turun langsung ke lapangan akan memperkaya masukkan untuk Undang-Undang Penanggulangan Bencana yang akan direvisi,” kata Abdul Hayat.

Ia menyebutkan, revisi atas UU Penanggulangan Bencana diperlukan untuk memastikan penanganan bencana berjalan sesuai koridor yang ditetapkan.

“Agar bisa mengurangi kesalahan dalam penanganan bencana, dengan begitu kita bisa mengeliminir dan mengurangi jumlah korban,” terangnya.

Ia juga menekankan pentingnya memasukkan upaya pencegahan dari seluruh elemen terkait dalam menghadapi bencana dalam revisi UU yang terdiri dari 13 Bab dan 85 Pasal ini.

“Bagaimana seluruh stakeholder dapat melakukan upaya preventif karena jauh lebih mahal jika sudah lari ke rehabilitasi,” jelasnya.

Sejalan dengan Abdul Hayat, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Sudiro Asno menyebutkan, revisi UU Penanggulangan Bencana harus menekankan pentingnya pencegahan atas bencana. Termasuk pada alokasi anggaran.

“Selama ini alokasi anggaran hanya pada penanggulangan saja, tidak ada dalam pencegahan,” jelas Sudiro.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura ini mengungkapkan, pencegahan atas bencana bisa dimulai dengan memasukkan studi pencegahan dan penanggulangan bencana ke dalam kurikulum belajar di sekolah.

“Jadi anak-anak sejak dini sudah diberi pengetahuan tentang bagaimana mencegah dan menanggulangi bencana,” tutupnya. (hum)

Editor : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM.- Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus masjid di Kota Makassar. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran masjid sebagai pusat peradaban ummat Muslim. Acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Juli 2024 di Makassar Golden Hotel, dengan setiap peserta mewakili satu masjid di Kota Makassar. […]

Read more
Makassar SULSEL

BPBD Kota Makassar Dorong Livable dan Resilient City Melalui Peningkatan Kapasitas

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah mengambil serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kapasitas Kota Makassar dalam menghadapi tantangan bencana. Hal ini sejalan dengan salah satu Program Strategis Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto untuk menjadikan Makassar sebagai Livable City dan Resilient City yang tangguh. Kepala Pelaksana BPBD, Achmad Hendra Hakamuddin menyatakan, […]

Read more
Makassar SULSEL

Pangdam XIV/Hsn Terima Paparan RGB Latihan Pratugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonzipur 8/SMG

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latihan Pratugas Operasi Satgas pengamanan perbatasan (Pamtas) Darat Republik Indonesia-Malaysia Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna TA. 2024, dari Danrindam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Budiawan Basuki. Pemaparan tersebut guna memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan latihan pratugas Pamtas Darat RI-Malaysia, bertempat di […]

Read more