Bantuan Air dari Prabowo Diapresiasi Warga 15 Desa: Kebutuhan Paling Urgen

0
131

BANTEN, EDELWEISNEWS.COM – Sebanyak 15 perwakilan desa penerima bantuan sumber air dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Universitas Pertahanan (Unhan) RI mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Ucapan syukur itu disampaikan secara daring melalui video conference di Desa Pamubulan, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (19/11/2023).

Samsul, Sekretaris Desa Purabaya Pasir Astana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengatakan, bantuan sumber mata air yang diberikan oleh Kemhan-Unhan sangat menjawab kebutuhan desanya yang tengah dilanda kekeringan.

“Hal ini merupakan hal yang sangat diidam-idamkan. Ini kebutuhan paling urgent, setiap musim kemarau selalu kesulitan air bersih,” kata Samsul.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya mengatasi kekeringan sejak 2016, namun hasilnya masih nihil. Saat kemarau, Samsul mengatakan warganya masih harus menempuh jarak hingga tiga kilo untuk mendapatkan air bersih.

“Sebelum adanya sumur bor, warga ambil air sampai 2-3 kilometer hanya untuk mencuci saja, sedangkan minum mesti beli isi ulang. Mudah-mudahan bantuan dari Kemhan jadi berkah,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Cecep Hidayat, Kepala Desa Cimulang, Kabupaten Bogor. Ia mengatakan sebelum mendapat bantuan dari Kemhan, masyarakat desanya selalu mengalami kesulitan.

“Satu hal atas nama warga masyarakat desa, kami sampaikan kami kesulitan dulu sebelum ada (bantuan sumur bor), hampir setiap orang kita kekurangan air,” kata Cecep.

Namun situasi saat ini telah berubah, lanjut Cecep. Warganya tidak lagi kesusahan mendapat air bersih. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Prabowo.

“Saya ucapkan terima kasih, terutama bantuan sarana air,” kata Cecep.

“Dengan adanya bantuan ini menjadi motivasi buat kita dan bermanfaat buat masyarakat bukan hanya untuk minum, tapi juga sarana ibadah,” sambung dia.

Rohadi, Kepala Desa Sukaharja, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat juga mengaku bahwa bantuan sumber air sangat bermanfaat bagi warganya. Ia mengatakan sumber air itu telah berdampak pada 150 kepala keluarga di desanya.

“Sudah kami rasakan, penerima manfaat dari bantuan air bersih sudah disalurkan kepada 150 kepala keluarga, kurang lebih 450 orang,” kata Rohadi.

Ia pun menuturkan rasa terima kasih dan mewakili warga desanya mendoakan yang terbaik untuk Prabowo.

“Kami beserta masyarakat Desa Sukaharja mendoakan mudah-mudahan bapak dipanjangkan umurnya, diberikan kesehatan dan diberikan kesuksesan dalam urusannya. Semoga bapak selalu dalam lindungan Allah SWT,” kata Rohadi.

Sebanyak 15 titik yang tersebar di 6 wilayah Jawa Barat dan Banten tersebut merupakan bagian dari program pengadaan bantuan air sumber air dari Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Manfaat program bantuan tersebut hingga saat ini tercatat telah dirasakan oleh ribuan kepala keluarga di sekitar lebih dari 130 titik sumber air yang tersebar di banyak wilayah Indonesia.

Penulis : Usman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini