Bantuan Terus Mengalir untuk Korban Banjir, Pj Bupati Wajo : Terima Kasih untuk Semua Pihak

0
11

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Bencana banjir memberikan dampak pada 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Wajo. Bantuan pun berdatangan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, organisasi, komunitas, tokoh masyarakat dan dermawan lainnya.

Bantuan logistik bermacam-macam mulai dari air mineral, mie instan, beras, paket makanan, susu formula, perlengkapan, air bersih dan lainnya, termasuk dukungan tenaga dan armada.

Terbaru, Penjabat (Pj) Bupati Wajo, Andi Bataralifu menerima langsung bantuan yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Takalar, Kamis (9/5/2024).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan untuk saudara-saudara kita di Kabupaten Wajo, terkhusus kepada pemerintah pusat, provinsi dan kepala daerah se-Sulsel yang telah menyalurkan bantuannya,” ucap Andi Bataralifu usai menerima secara simbolis bantuan dari Pemkab Takalar yang dititip di gedung logistik KPU Wajo.

“Hingga hari ini pemerintah Kabupaten/Kota yang telah menyalurkan bantuan ke Wajo yaitu Kabupaten Bantaeng, Sinjai, Bulukumba, Barru, Bone, Takalar, Soppeng serta Kota Makassar dan Pare-pare,” tambahnya.

Andi Bataralifu menyebut pendistribusian logistik ini telah dilakukan sejak tanggal 3 Mei yang lalu. Termasuk, dia sudah mendistribusikan cadangan pangan Pemkab Wajo berupa 30 ton beras ke beberapa wilayah terdampak.

“Ada yang kami distribusikan langsung, termasuk didistribusikan oleh Bapak Pj Gubernur dan Bapak Kapolda bersama Ibu, sebagian juga yang didistribusikan oleh tim BPBD Wajo bersama tim relawan lainnya,” sebutnya.

Selain kepada para dermawan, Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kemendagri ini juga berterima kasih kepada seluruh relawan yang telah bekerja keras membantu evakuasi saat bencana bahkan penanganan pasca bencana sampai hari ini.

“Hanya Allah yang mampu membalas apa yang telah saudara semua lakukan untuk membantu masyarakat kita yang terdampak banjir,” pungkasnya.

Usai menerima bantuan dari Pemkab Takalar, Andi Bataralifu yang didampingi Kadis PUPRP Kabupaten Wajo, Andi Pameneri, Kalaksa BPBD, Syamsul Bahri dan Kabid di Satpol PP Damkar dan penyelamatan, Yosep Lobo, juga menyempatkan meninjau ketersediaan logistik di BPBD Kabupaten Wajo.

Sebagai informasi, jumlah bantuan yang tercatat masuk ke Posko BPBD Kabupaten Wajo sebagai berikut :

  1. Air Mineral 4.471 Dos
  2. Mie Instan 1.076 Dos
  3. Beras 17,674 Ton
  4. Paket Sembako 400 Paket
  5. Selimut 1.600 Lembar
  6. Hygiene Kit 200 paket
  7. dan sejumlah bantuan lainnya

Sementara yang sudah didistribusikan sebagai berikut :

  1. Air Mineral 2.000 Dos
  2. Mie Instan 1.000 Dos
  3. Beras distribusi besok
  4. Paket Sembako 200 Paket
  5. Selimut 100 Lembar
  6. Hygiene Kit 50 paket
  7. Dan sejumlah bantuan lainnya

Selain bantuan tersebut, juga ada berbagai bantuan logistik yang langsung ke Posko Penanganan Bencana di Kecamatan Pitumpanua, baik dari pihak masyarakat umum, organisasi, instansi, perbankan, BUMD, dan institusi lainnya. Termasuk bantuan dari Pemerintah Kolaka Utara berupa air mineral dan paket sembako.

Hingga hari ini, Pemkab Wajo masih membuka diri bagi siapapun yang ingin memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir. Bahkan, Pj Gubernur Sulsel meminta untuk didirikan Posko Penanganan Banjir Sulawesi Selatan di Wajo. (Sinurat/APJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini