Begini Cara SD Negeri Borong Makassar Rayakan Hari Bumi 2024

0
23

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Ada banyak cara merayakan Hari Bumi, sebagaimana dilakukan SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Senin (22 April 2024). Antara lain dengan merawat tanaman, merapikan pot-pot bunga, membawa bibit tanaman, dan membersihkan halaman sekolah.

Ketua Tim Adiwiyata SD Negeri Borong, Rosmiaty, S.Pd.I dan guru kelas 6, St Hanidah, S.Pd, bersama beberapa murid merapikan pot-pot bunga yang berada di sisi kiri-kanan gerbang sekolah. Sementara Sultan Malikussaleh, murid kelas 2B, membawa pohon jeruk untuk ditanam di sekolah.

St. Hanidah menjelaskan, pot dari galon bekas itu sangat bermanfaat karena bisa memasok air untuk tanaman selama beberapa hari. Dia punya pengalaman, selama liburan puasa, tanaman yang berada di lantai dua, di depan kelas 6A dan 6B tetap tumbuh baik, lantaran pasokan airnya terjamin.

Pot-pot daur ulang itu memanfaatkan limbah bekas galon air yang dibuat secara sederhana. Galon dipotong dua bagian. Bagian bawahnya sebagai penyimpan cadangan air. Sedangkan, bagian atas untuk menanam tanaman, tapi diletakkan secara terbalik, yakni posisi mulut galon di bawah. Pada bagian bawah galon diisi air dan disambungkan dengan kain kaos agar tanaman bisa menyerap air.

Hari Bumi atau Earth Day, dirayakan setiap tanggal 22 April sebagai pengingat pentingnya kita menjaga planet ini. Butuh tindakan nyata sebagai wujud kesadaran menjaga dan merawat bumi dari kerusakan. Tahun ini, tema Hari Bumi adalah Planet vs Plastik, dimaksudkan memperkuat advokasi untuk memerangi sampah plastik sebagai komitmen mengakhiri penggunaan sampah plastik demi kesehatan manusia dan bumi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini