Berkunjung Ke Takkalalla, Pj Gubernur Sulsel Tanam Cabai, Panen Ikan Hingga Silaturahmi Masyarakat

0
49

WAJO, EDELWEISNEWS.COM – Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama Pj. Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar berkunjung ke Kabupaten Wajo sejak pagi, kini tiba di Kecamatan Takkalalla, Minggu (24/9/2023).

Di kecamatan Takkalalla ini, Bahtiar Baharuddin bersama rombongan disambut hangat dan antusias oleh masyarakat.

Di kecamatan yang pernah ditempatinya mengabdi ini, Bahtiar Baharuddin bersama Sofha Marwah Bahtiar, Bupati Wajo, Amran Mahmud, Wakil Bupati, Amran, mewakili Danrem 141/Tdp, Forkopimda, Ketua TP PKK serta sejumlah undangan lainnya melakukan penanaman cabai dalam rangka gerakan tanam cabai 10 pohon 1 ASN dan Gerakan Desa Peduli Inflasi (Desi) yaitu Tanam Cabai 10 Pohon 1 Rumah Tangga. Lalu, melakukan panen dan penaburan benih ikan.

Setelah itu, Bahtiar Baharuddin bersama rombongan kemudian bersilaturahmi bersama pemerintah dan masyarakat.

Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Burhanuddin menyampaikan apresiasi kepada Bupati Wajo bersama jajaran Pemkab Wajo yang gerak cepat dalam menindaklanjuti 8 program prioritasnya.

“Baru minggu lalu saya sampaikan program prioritas, Bupati Wajo sudah laksanakan semua dengan gerak cepat, salah satunya tanam cabe hari ini,” ungkapnya.

Mantan Kapuspen Kemendagri ini juga mengaku sudah bersahabat dengan Bupati Wajo sejak lama.

“Saya bersahabat beliau sejak beliau belum menjadi Bupati. Saya pikir yang kita butuhkan dalam diri seorang pemimpin itu adalah keteladanan. Dan keteladanan itu ada pada diri Beliau (Amran Mahmud),” ucapnya.

Terkait dengan pencanangan tanam pisang, Bahtiar Burhanuddin mengharapkan menjadi produsen pisang terbesar dunia. “Saya canangkan penanaman pisang capai 1 milyar di Sulsel,” ujarnya.

Bahtiar mengharapkan Pemkab Wajo menyiapkan lahan 5.000 ha untuk penanaman pisang. “Saya juga harapkan dalam program ini nantinya mengajari masyarakat untuk budidaya pisang yang peluangnya cukup menjanjikan,” harapnya.

Termasuk untuk harapan Bupati Wajo agar dilakukan penanganan pada ruas jalan provinsi ruas Atapange-Doping, Bahtiar mengharapkan segera memerintahkan kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi untuk mengupayakan penanganan.

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati serta seluruh masyarakat Wajo. Wajo adalah kampung kedua saya setelah Bone yang merupakan kampung kelahiran saya. Saya pernah mengabdi di sini, Saya tetap Bahtiar yang kita semua kenal, saya berharap masukan dari kita semua,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan terimah kasih dan apresiasi atas kunjungan Pj Gubernur Sulsel di Bumi Lamaddukkelleng.

Ketua DPD PAN Wajo ini mengungkapkan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Wajo mendukung dan siap merealisasikan 8 program prioritas Pj. Gebernur Sulsel.

“Setelah pertemuan dengan Pj. Gubernur Sulsel pekan lalu, kami segera menggelar Rakor dengan para OPD, Camat, Kades dan Lurah serta Instasi terkait dalam menindak lanjuti 8 program prioritas tersebut,” ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan salah-satu programnya, kata Amran Mahmud, pihaknya telah melakukan gerakan Desa Peduli Inflasi, salah satunya melalui penanaman cabai.

“Selain menyiapkan lahan, kita juga bagikan 10 pohon cabe, baik PNS maupun masyarakat Wajo. Dan akan di awasi penanamannya oleh Polri dan TNI serta kepala dusun dan lingkungan, RT dan RW,” ujarnya.

Selain itu, Amran Mahmud juga menyatakan dukungan atas program Pj Gubernur Sulsel pencanganan tanam pisang sebagai upaya menjadikan Sulsel sebagai produsen pisang terbesar. “Kami akan menyiapkan lahan dan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Amran Mahmud menyampaikan harapan sekaligus aspirasi masyarakat untuk pembenahan infrastruktur, salah satunya jalan provinsi ruas Atapange-Doping.

“Saya harapkan bisa dikerja, dan menjadi kado bapak Pj. Gubernur Sulsel di tahun 2024 untuk masyarakat Wajo khusunya masyarakat Takkalalla,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan bibit cabai, nenas, disinfektan serta bantuan lainnya.

Kunjungan di Takalalla ini merupakan titik terakhir kunjungan Bahtiar Baharuddin di Kabupaten Wajo. Usai silaturahmi dengan masyarakat, Pj Gubernur Sulsel ini kemudian bergeser ke Kabupaten Bone bersama seluruh rombongan. (APJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini