Bontoala Artinya Bukit atau Gunung-gunung Kecil yang Ditumbuhi Pepohonan

0
76

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kelurahan Bontoala adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kelurahan ini memiliki luas sekitar +0,13 Km² dan terdiri dari 14 RT dan 3 RW.

Dikutip dari Buku Nama Rupabumi Unsur Buatan yang disusun Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Makassar, jumlah penduduk Kelurahan Bontoala pada tahun 2019 tercatat 1.801 jiwa, yang terdiri atas 867 laki-laki dan 934 perempuan.

Sejarah Nama

Kelurahan Bontoala berasal dari kata “Bontoala”. Bontoala artinya bukit atau gunung-gunung kecil yang ditumbuhi pepohonan..Kata “bonto” artinya bukit atau gunung-gunung kecil..Kemudian “Ala” artinya hutan atau pepohonan kecil yang tumbuh di sekitar bukit tersebut.

Maka disebutlah nama Bontoala yang kemudian disepakati oleh masyarakat setempat menjadi Kelurahan.

Posisi Kelurahan Bontoala, Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Bontoala Tua, sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Gaddong dan Kelurahan Wajo Baru, sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Baraya, sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Gaddong dan Kelurahan Bontoala Parang.

Kelurahan ini memiliki luas wilayah 0,13 km², yang terdiri dari 14 RT dan 3 RW. Secara astronomis, kelurahan ini berada pada titik koordinat 5°07’49.60″ LS dan 119°25’14.90″ BT. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini