Budidaya Hortikultura Turut Bantu Sektor Peternakan, Limbah Vegetasi untuk Pakan

SOPPENG, EDELWEISNEWS.COM – Budidaya tanaman hortikultura, seperti pisang cavendish, sukun, dan nangka madu, ternyata tidak hanya untuk ketahanan pangan. Tetapi, limbah pertanian juga bisa digunakan sebagai pakan ternak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Kabupaten Soppeng, Erman Asnawi, di sela kunjungan Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Bupati Soppeng Kaswadi Razak, di Desa Belo, Kecamatan Ganra, Jumat (26 Januari 2024). Kunjungan Pj Gubernur Bahtiar ini dalam rangka budidaya sukun, yang juga digalakkan hingga ke Kabupaten Soppeng.

Erman Asnawi, mengatakan, selain sebagai bahan pangan, limbah tanaman sukun dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak. Hal ini tentunya akan sangat membantu, untuk mengatasi keterbatasan jumlah pakan dan nutrisi yang berasal dari rumput.

“Ini akan sangat membantu dalam mengatasi keterbatasan jumlah pakan dan nutrisi yang berasal dari rumput. Dalam konteks ini, limbah pertanian dapat menjadi solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan pakan dan nutrisi ternak,” kata Erman.

Lahan untuk kebun rumput, kata Erman, sudah semakin tipis. Masyarakat peternak saat sekarang menggunakan jerami sebagai bahan utama peternakan. Tetapi, kualitasnya rendah sehingga perlu ditambahkan nutrisi lain.

“Hari ini kita menanam sukun. Itu limbah vegetasinya kalau dipangkas, bisa menjadi pakan yang bagus untuk ternak,” ungkapnya.

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa yang sedang Magang Kampus Merdeka dan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang sedang KKN di Soppeng, ikut terlibat dalam budidaya tanaman sukun ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makassar SULSEL

Disbud Persembahkan Tari Bunga Buttayya, Kisahkan Perempuan dan Makassar di F8

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali memeriahkan event Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 di Panggung Utama F8, Kawasan Tugu MNEK, CPI, Jumat (26 Juli 2024). Disbud Makassar menampilkan Tari Bunga Butayya yang menggambarkan karakter perempuan dan Makassar. Yang mana dua kata tersebut memiliki entitas yang tak bisa dipisahkan. Sosok perempuan […]

Read more
Makassar SULSEL Wajo

LSKP Bekerja sama Dinkes Kabupaten Wajo Gelar Bimtek Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) mengadakan Bimbingan Teknis Evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Tahun Anggaran 2024 di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 25 hingga 26 Juli 2024. Dr. drg. Hj. Armin, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan […]

Read more
Lingkungan Makassar SULSEL

Rencana Dihadiri Joko Widodo, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut Dipusatkan di Kota Makassar

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Perhelatan akbar Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) akan dipusatkan di Kota Makassar pada Agustus 2024 mendatang. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam mengurangi sampah di laut dan pesisir. Hal tersebut disambut […]

Read more