Buka Forum Perangkat Daerah Kominfo-SP Sulsel, Plh Sekda Sarankan Sepakati Selesaikan Satu Isu Strategis

0
14

MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad, membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah yang digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan, Tahun Anggaran 2024, di Hotel Claro, Jumat (8 Maret 2024).

Dalam sambutannya, ia menerangkan terkait pentingnya digitalisasi data untuk mendukung rencana kerja pemerintah daerah di masa transisi saat ini. Dengan begitu, lanjutnya, pertemuan ini menjadi sangat penting dan strategis terkait dengan tugas dan kewenangan Dinas Kominfo-SP, termasuk fokus pada isu yang akan diselesaikan dalam satu tahun rencana kerja pemerintah daerah di 2024 hingga pada 2025 mendatang.

“Perlu ada langkah strategis melalui satu titik rangsangan yang dapat menggerakkan semua pilar yang ada di Kominfo, apakah infrastruktur digital yang kita perkuat, apakah digitalisasi pemerintahannya, apakah digitalisasi masyarakatnya/layanan publiknya, atau digitalisasi ekonominya misalnya,” katanya.

Andi Muhammad Arsjad pun berharap dalam proses bekerja harus ada perubahan pola pikir yang dapat meningkatkan produktivitas kerja yang memberikan efek yang baik yang tidak hanya berbasis kerja tanpa adanya kinerja.

Ia pun meminta kepada para peserta forum perangkat daerah khususnya dari Dinas Kominfo-SP Provinsi untuk bersama-sama dengan Dinas Kominfo-SP Kabupaten/Kota menyepakati satu isu yang harus diselesaikan bersama. 

“Nah sekarang kita lihat sistem pemerintahan berbasis elektronik kita yang sudah lama kita jalankan sekarang menghasilkan berapa banyak capaian kita,” ujarnya.

“Jadi disini di forum ini kita sepakat mengangkat satu isu yang harus diselesaikan bersama, bersinergi dengan kabupaten kota untuk melakukan pelaksanaan kerja,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo-SP Sulsel Andi Winarno Eka Putra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam optimasi pencapaian sasaran dan prioritas khususnya Kominfo-SP sesuai dengan kewenangan perangkat daerah.

Andi Winarno juga menjelaskan kegiatan ini juga untuk mempertajam target dan indikator kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas fungsi perangkat daerah.

“Mengoptimalkan kebutuhan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif perangkat daerah,” ungkapnya.

Dalam laporannya, Andi Winarno menambahkan kegiatan ini diikuti beberapa OPD lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, diantaranya Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan didampingi pejabat atau staf terkait, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan dan Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini